%0 Thesis %9 Masters %A Nadha Mustika, NIM.: 21204031033 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:59641 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K nilai agama; moral; karakter tanggung jawab; anak usia dini %P 183 %T PENGUATAN NILAI AGAMA DAN MORAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB ANAK USIA DINI (Studi Kasus: TK Tahfiz Qolbun Salim Kabupaten Kampar Provinsi Riau) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59641/ %X Era globalisasi saat ini di Indonesia mengalami masalah yang cukup besar mengenai pembentukan karakter. Di mana banyak pelanggaran yang terjadi terhadap norma-norma yang dilakukan anak bangsa karena kurangnya karakter yang dimiliki oleh seseorang dalam diri. Maka dari itu dalam penelitian ini ingin menjelaskan, menganalisa dan menemukan hasil mengenai penguatan nilai agama dan moral dalam pembentukan karakter anak usia dini di TK Tahfiz Qolbun Salim Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif deskriptif, dengan data primer dan sekunder. Sumber data primer diperoleh dari kepala sekolah, stakeholder, para pendidik, dan anak didik di TK Tahfiz Qolbun Salim Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Sumber data sekunder diperoleh melalui media elektronik, dan berbagai hasil penelitian di berbagai jurnal. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pembentukan karakter tanggung jawab yang diimplementasikan di TK Tahfiz Qolbun Salim Kabupaten Kampar Provinsi Riau berupa kegiatan menaruh perlengkapan sekolah pada tempatnya, membuang sampah sampah pada tempatnya membersihkan atau mencuci tempat makanan yang digunakan anak dan memelihara tanaman yang ada di sekolah tersebut. 2) Penguatan nilai agama dan moral dapat membentuk karakter anak melalui keteladanan dan pembiasaan yang dilakukan x setiap hari. 3) anak: a) Melakukan tugas belajar dengan rutin tanpa harus diberitahu; b) dapat menjelaskan alasan atas pembelajaran yang dilakukan; c) tidak menyalahkan orang lain; d) melakukan tugas dengan senang hati; e) mempunyai minat yang kuat untuk menekuni dalam belajar; f) menghormati dan menghargai aturan sekolah; g) dapat fokus dalam belajar. %Z Pembimbing: Prof. Dr. H. Suyadi, M.A