TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Hj. Hibana, S.Ag., M.Pd ID - digilib59643 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59643/ A1 - Nur Istiana Makarau, NIM.: 21204031035 Y1 - 2023/05/08/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi bahwasanya kompetensi profesional guru belum sepenuhnya sesuai dengan standar pendidikan nasional. Guru belum mampu menyesuaikan bahan ajar dengan konsep merdeka belajar dalam implementasi kurikulum merdeka. TK Surya Ceria Aisyiyah Karanganyar memiliki beberapa strategi peningkatan kompetensi profesional guru melalui program pengembangan profesional guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi dan implikasi peningkatan kompetensi profesional guru dalam implementasi kurikulum merdeka untuk mewujudkan PAUD berkualitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Penelitian diperoleh dari data tertulis maupun lisan yang dianalisis kemudian dideskripsikan terkait peningkatan kompetensi profesional guru dalam implementasi kurikulum merdeka untuk mewujudkan PAUD berkualitas. Prosedur pengambilan data melalui data primer yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi serta data sekunder dari buku maupun artikel jurnal. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi profesional guru didapatkan dari program pengembangan profesional guru diantaranya in house training, Kelompok Kerja Guru (KKG), Focus Group Discussion (FGD), workshop, seminar/webinar, EPRO SCA (evaluasi program), dan study banding. Kompetensi profesional guru dalam implementasi kurikulum merdeka masih dalam proses penyesuain kegiatan intrakurikuler berbasis Project Based Learning (PBL), pemanfaatan loose parts dan buku cerita pada kegiatan pemantik. Guru memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai pengembangan diri dan peserta didik. Guru juga berperan penting pada kegiatan kokurikuler melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) untuk meningkatkan soft skill dan karakter xi peserta didik. Implikasinya terhadap PAUD berkualitas pada elemen kualitas proses pembelajaran adalah guru mampu merencanakan pembelajaran yang efektif, menggunakan pendekatan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan anak usia dini, muatan pembelajaran selaras dengan kurikulum, dan melakukan asesmen pembelajaran berkualitas PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - kompetensi profesional guru; kurikulum merdeka; PAUD M1 - masters TI - PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA UNTUK MEWUJUDKAN PAUD BERKUALITAS (Case Study: TK Surya Ceria Aisyiyah Karanganyar) AV - restricted EP - 251 ER -