TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Andi Prastowo, S.Pd.I. M.Pd.I. ID - digilib59666 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59666/ A1 - Maya Siti Sakdah, NIM.: 2120081001 Y1 - 2023/04/13/ N2 - Persepsi negatif terhadap Matematika masih sering terjadi. Hal ini terbukti pada peserta didik di SD Muhammadiyah Demangan yang menyatakan bahwa Matematika adalah pelajaran yang sulit sehingga sering merasa cemas untuk mempelajarinya. Dengan adanya pengembangan media manipulatif berbasis popup book diharapkan mampu menjawab permasalahan tersebut, dengan harapan dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik Pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Analisis digunakan untuk mengetahui permasalahan dan dijadikan sebagai kebutuhan. Desain yaitu melakukan proses perencanaan pengembangan produk. Pengembangan, yaitu melakukan validasi oleh para ahli terhadap desain yang telah dikembangkan serta uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan guna untuk perbaikan media yang lebih maksimal. Implementasi yaitu uji coba kepada subjek penelitian. Evaluasi, yaitu melakukan revisi serta perbaikan terhadap produk. Hasil kelayakan diperoleh nilai rata-rata sebesar 87,5% dengan kategori ?sangat layak?. Hal tersebut diperkuat dengan uji efektivitas yaitu menurunnya tingkat kecemasan Matematika dan meningkatnya kemandirian belajar peserta didik, sehingga media pop-up book efektif digunakan dalam pembelajaran. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - media pembelajaran; Pop-up Book; kecemasan matematika; kemandirian belajar; peserta didik M1 - masters TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MANIPULATIF BERBASIS POP-UP BOOK UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN MATEMATIKA DAN MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG DI SEKOLAH DASAR AV - restricted EP - 287 ER -