TY - THES N1 - Pembimbing: 1. M. Wakhid Mustofa, M.Si. 2. Suparni, M.Pd. ID - digilib5967 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5967/ A1 - IRVAN FAUZI, NIM. 06600053 Y1 - 2011/04/11/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara pengaruh penggunaan metode diskusi kelompok menggunakan alat peraga dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan pengaruh pembelajaran konvensional dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPIT ABU BAKAR Yogyakarta tahun ajaran 2010/2011; 2) untuk mengetahui Metode diskusi kelompok menggunakan alat peraga dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih efektif daripada penggunaan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPIT ABU BAKAR Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian semu eksperimen (quasi experiment research) yang bertujuan untuk menguji hipotesis tentang ada-tidaknya pengaruh perlakuan (treatment) itu bila dibandingkan dengan tindakan lain. Penelitian terdiri atas 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa pembelajaran dengan metode diskusi kelompok menggunakan alat peraga dan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dan variabel terikat berupa hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan jumlah siswa 178. Sampel dalam penyusunan ini adalah kelas VII D dan kelas VII E dengan asumsi kedua kelas ini dapat mewakili kelas VII secara keseluruhan. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan soal ujian. Lembar observasi, wawancara digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan dari pembelajaran matematika menggunakan metode diskusi kelompok menggunakan alat peraga dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL). Teknik analisis data dalam penyusunan ini adalah uji hipotesis dengan menggunakan uji T sampel independen/ independent dan kriteria keefektifan dalam pembelajaran. Berdasarkan analisis diperoleh hasil: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan metode diskusi kelompok dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) menggunakan alat peraga dalam pembelajaran matematika di kelas eksperimen dan metode konvensional dalam pembelajaran matematika di kelas kontrol; (2) penggunaan metode diskusi kelompok menggunakan alat peraga dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran matematika lebih efektif daripada penggunaan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPIT ABU BAKAR Yogyakarta. div PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - diskusi kelompok KW - alat peraga KW - contextual teaching and learning (CTL) KW - hasil belajar M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS METODE DISKUSI KELOMPOK MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING AV - restricted ER -