eprintid: 5968 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/59/68 datestamp: 2015-01-28 01:51:54 lastmod: 2016-02-18 01:55:59 status_changed: 2012-05-04 16:49:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ISTITONGATUL BAITI, NIM. 06670012 title: EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA KELAS X ispublished: pub subjects: KC divisions: jur_kim full_text_status: restricted keywords: media pembelajaran, alat peraga, minat belajar dan prestasi belajar note: Pembimbing: 1. Susy Yunita Prabawati, M.Si 2. Nina Hamidah, S.Si., MA. abstract: ABSTRAK Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan pada Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas X SMA MA'arif NU I Sirau Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah alat peraga efektif digunakan sebagai media pembelajaran kimia kelas X SMA Ma'arif NU I Sirau Kabupaten Banyumas pada pokok bahasan struktur atom. Efektivitas pembelajaran dalam penelitian ini dilihat dari minat dan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Kegiatan pembelajaran dimulai dengan berdoa selanjutnya guru membagi peserta didik menjadi empat kelompok. Setiap kelompok berdiskusi untuk mengerjakan LKS dengan menggunakan alat peraga yang telah disediakan. Guru memantau jalannya diskusi dan membantu peserta didik yang mengalami kesulitan. Setelah selesai berdiskusi, setiap kelompok mengirimkan wakilnya untuk mempresentasikan hasil diskusi, guru memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk menanggapi hasil presentasi. Adapun pengambilan datanya dilakukan dengan menggunakan angket, lembar observasi dan soal pre test, post test. Data minat peserta didik yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan memaparkan masing-masing indikator dalam minat. Data prestasi peserta didik ditabulasikan dalam bentuk rerata kelas. Peningkatan prestasi peserta didik dapat diketahui dengan effect size, yaitu selisih antara rerata pre tes - post test siklus III dengan rerata pre test- post test siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga dapat meningkatkan minat peserta didik dan prestasi peserta didik. Peningkatan minat peserta didik ditunjukkan dengan kenaikan rerata minat belajar peserta didik dari 78,8% (pada siklus I) menjadi 84,55% (pada siklus III). Peningkatan prestasi peserta didik ditunjukkan dengan adanya nilai effect size antar siklus 18,5. Hal ini bararti alat peraga efektif digunakan sebagai media pembelajaran kimia didik kelas X SMA Ma'arif NU I Sirau Kabupaten Banyumas pada pokok bahasan struktur atom tahun pelajaran 2010/2011. div date: 2015-01-28 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: citation: ISTITONGATUL BAITI, NIM. 06670012 (2015) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA KELAS X. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5968/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5968/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf