%A NIM.: 21204081020 Yesika Novita Rahmi %O Pembimbing: Dr. Sigit Prasetyo, M.Pd.Si %T PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO BERBASIS BAHASA ISYARAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TUNARUNGU PADA MATERI HURUF HIJAIYAH DI SDLB INSAN MULIA KOTA PAYAKUMBUH %X Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu 1) analisis 2) desain 3) pengembangan 4) implementasi 5) evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif deskriptif dengan skala likert. Penelitian ini dilaksanakan di SDLB Insan Mulia Kota Payakumbuh dengan subjek penelitian adalah 2 siswa tunarungu di kelas V. Hasil penelitian media yang dikembangkan mendapatkan skor validasi dari ahli materi sebesar 93% yang dikategorikan sangat layak, untuk hasil validasi media dalam pengembangan media video berbasis bahasa isyarat mendapatkan nilai persentase sebesar 90% dengan kategori sangat layak dan hasil validasi bahasa isyarat mendapatkan nilai persentase 87% dengan kategori sangat layak. Angket guru terhadap media yang dikembangkan mendapat skor sebesar 92% dengan kategori sangat layak. Hasil belajar siswa setelah menggunakan media yang dikembangkan mendapatkan pengaruh positif sebesar 36,5. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa pengembangan media video berbasis bahasa isyarat pada materi huruf hijaiyah yang diterapkan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini dikuatkan lagi dengan adanya teori belajar behavioristik yang mengatakan jika apa yang diberikan guru dan apa yang diterima siswa dapat diamati dan diukur. Sehingga, perlu adanya peningkatan indera penglihatan untuk meningkatkan kualitas hasil belajar pada materi huruf hijaiyah, salah satunya adalah media video berbasis bahasa isyarat. %K video; bahasa isyarat; huruf hijaiyah; hasil belajar %D 2023 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib59682