eprintid: 5971 rev_number: 27 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/59/71 datestamp: 2013-10-22 08:05:22 lastmod: 2016-03-02 02:44:39 status_changed: 2012-05-04 16:49:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: KHOLILURROHMAN, NIM. 03450460 title: PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN TEORI APOS (ACTION, PROCESSES, OBJECT, SCHEMA) ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Teori APOS, Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar note: Pembimbing: Drs. Satino, M.Si. abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan jaringan pada tumbuhan. Peningkatan tersebut diupayakan denan penerapan metode pembelajarannya didasarkan pada teori APOS (Action, Processes, Object, and Schema). Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran dengan Teori APOS dapat terlaksana pada pembelajaran di kelas XI IPA MA Wahid Hasyim, serta mengetahui berapa jumlah siklus yang diperlukan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar pada pembelajaran tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI MA Wahid Hasyim Yogyakarta tahun ajaran 2010/2011 pada sub pokok bahasan jaringan tumbuhan. Desain penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang mempunyai tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observation) dan refleksi (reflection). Data yang dikumpulkan adalah aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran berdasarkan teori APOS. Data aktivitas belajar diperoleh dari lembar observasi dan hasil belajar siswa diperoleh melalui soal tes. Data aktivitas belajar kemudian dianalisis secara deskriptif dan hasil belajar menggunakan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan Teori APOS (Action, Processes, Object, and Schema) dapat terlaksana dengan cukup baik di Kelas XI IPA MA Wahid Hasyim, jumlah siklus yang diperlukan untuk mencapai peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa adalah 2 siklus. Aktivitas belajar mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan aktivitas belajar siswa terlihat pada kenaikan rata-rata aktivitas belajar yang dilakukan oleh siswa dimana pada siklus I sebesar 15,76 naik menjadi 17, 59 pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa pada tiap siklusya dengan effect size 0,47 pada siklus I dan 0,64 pada siklus II. div date: 2011-04-11 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2011-04-11 14:27:40 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--kholilurro-5751-1-kholilur-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/116/digilib-uinsuka--kholilurro-5751-1-kholilur-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=6373 ; nama file lama : KHOLILURROHMAN - NIM. 03450460 PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN TEORI APOS (ACTION, PROCESSES, OBJECT, SCHEMA).pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1993843 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2011-04-11 14:27:40 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--kholilurro-5751-1-kholilur-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/116/digilib-uinsuka--kholilurro-5751-1-kholilur-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=6373 ; nama file lama : KHOLILURROHMAN - NIM. 03450460 PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN TEORI APOS (ACTION, PROCESSES, OBJECT, SCHEMA).pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1993843 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: KHOLILURROHMAN, NIM. 03450460 (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN TEORI APOS (ACTION, PROCESSES, OBJECT, SCHEMA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5971/2/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5971/1/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf