%0 Thesis %9 Masters %A Lismawati, NIM.: 21204091018 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:59728 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K manajemen pembinaan; minat bakat; peserta didik; environmental education %P 169 %T MANAJEMEN PEMBINAAN MINAT DAN BAKAT DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK: Studi Implementasi Environmental Education Di Sekolah Sanggar Anak Alam (SALAM) Yogyakarta %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59728/ %X Lembaga pendidikan berperan untuk memanusiakan manusia sehingga sekolah harus dapat membuka kesadaran untuk memperbaiki kehidupan manusia baik dalam berfikir maupun beraktivitas. Permasalahan yang tersirat dari keberlangsungan pendidikan saat ini adalah peserta didik yang tidak mendapatkan porsi belajar yang merdeka, yaitu porsi untuk mengembangkan minat bakat yang sangat sedikit diperhatikan. SALAM (Sanggar Anak Alam) hadir dengan kurikulum yang berupaya untuk memilih/menyusun kurikulum sendiri yaitu belajar melalui riset atau penelitian dan berusaha memberikan peserta didik merdeka dalam belajar berdasarkan ketertarikan (minat dan bakat) mereka masing-masing. Berangkat dari permasalahan diatas tujuan penelitian ini adalah Pertama, mengetahui implementasi manajemen pembinaan minat dan bakat melalui Environmental Education di sekolah Sanggar Anak Alam (SALAM) Yogyakarta, Kedua, mengetahui kontribusi Environmental Education terhadap perkembangan kreativitas peserta didik di sekolah Sanggar Anak Alam (SALAM) Yogyakarta. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer yang dilakukan melalui proses observasi dan wawancara kepada key informant secara indepth interview. Sumber data sekunder berupa dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian yang non partisipatif, dokumentasi, dan wawancara. Uji kredibilitas data dengan triangulasi sumber dengan cara membandingkan dari beberapa sumber data yang ada untuk menemukan data yang valid. Teknik analisis data yang digunakan meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, dalam implementasi Environmental Education SALAM memanfaatkan lingkungan sekolah dan fasilitas umum untuk mempraktekkan teori yang telah dipelajari di kelas lewat penelitian atau riset, dalam proses pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik baik minat maupun bakat terdapat manajemen pembelajaran yang meliputi beberapa langkah yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan serta pengendalian pembelajaran. Kedua, pendekatan Environmental Education yang digunakan oleh SALAM dalam proses pembelajaran sangat berkontribusi atas perkembangan minat dan bakat peserta didik dengan membentuk kemandirian, berfikir kritis, serta peserta didik sebagai penemu dalam setiap riset atau penelitian yang dikerjakan. %Z Pembimbing: Dr. H. Sumedi M.Ag