@phdthesis{digilib5973, month = {April}, title = {PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN IPA MATERI ASAM BASA DAN GARAM UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTs}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {NIM. 06670016 LATIFUL KHOIRIYAH}, year = {2011}, note = {Pembimbing: Jamil Suprihatiningrum, M.Pd.Si.}, keywords = {buku pengayaan; penelitian pengembangan; asam, basa, dan garam; dan SMP/MTs}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5973/}, abstract = { ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran di bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengembangkan Buku Pengayaan IPA untuk siswa SMP/MTs Materi Pokok Asam, Basa, dan Garam, (2) mengetahui kualitas Buku Pengayaan IPA yang dikembangkan berdasarkan penilaian guru IPA SMP/MTs dan respon siswa SMP/MTs. Penelitian pengembangan Buku Pengayaan IPA untuk SMP/MTs Kelas VII Semester 1 disusun berdasarkan Standar Isi (SI) yang memenuhi kriteria kualitas, sehingga dapat digunakan sebagai tambahan sumber belajar dalam pembelajaran IPA untuk memperkaya dan mengembangkan pengetahuan. Prosedur pengembangan Buku Pengayaan IPA terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi produk. Buku Pengayaan IPA diberi masukan oleh 1 orang dosen pembimbing, 3 orang teman sejawat (peer reviewer), 1 orang ahli media, dan 1 orang ahli materi. Buku Pengayaan ini kemudian dinilai kualitasnya oleh 3 orang guru IPA SMP/MTs dan 10 siswa SMP/MTs. Penilaian Buku Pengayaan IPA didasarkan pada tiga komponen, yaitu: komponen materi/isi, komponen penyajian, serta komponen bahasa dan gambar. Data nilai kualitas yang diperoleh masih dalam bentuk deskriptif kemudian diubah menjadi skor. Skor rata-rata Buku Pengayaan IPA diubah menjadi kategori nilai sehingga kualitas Buku Pengayaan IPA dapat ditentukan melalui konversi skor rata-rata data dengan kategori nilai tersebut. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa Buku Pengayaan IPA untuk SMP/MTs Kelas VII Semester 1 Berdasarkan Standar Isi (SI) memenuhi kriteria kualitas. Kualitas Buku Pengayaan yang telah disusun berdasarkan penilaian guru diperoleh skor rata-rata 121,33 atau 86,3\% sehingga memiliki kategori kualitas sangat baik (SB) dan dari respon siswa diperoleh skor rata-rata 43,5 atau 79,09\% sehingga memiliki kategori kualitas baik (B). Dengan demikian, buku pengayaan ini layak digunakan siswa untuk tambahan sumber belajar. div } }