eprintid: 59749 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/97/49 datestamp: 2023-07-11 01:48:50 lastmod: 2023-07-11 01:48:50 status_changed: 2023-07-11 01:48:50 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Rifdah Hasan Parinduri, NIM.: 21204091020 title: STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK DAN NON-AKADEMIK PESERTA DIDIK DI SMAIT ABU BAKAR YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: kepala subjects: mkpi divisions: man_pen full_text_status: restricted keywords: Strategi Kepemimpinan, Peserta didik, Prestasi Akademik dan Non-Akademik. note: Pembimbing: Dr. H. Karwadi, M.Ag abstract: Penelitian ini dilakukan di SMAIT Abu Bakar Yogyakarta yang berfokus pada strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik peserta didik dengan tujuan untuk: 1) Menganalisis implementasi strategi kepemimpinan sekolah dalam meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik peserta didik di SMAIT Abu Bakar Yogyakarta, 2) Menganalisis implikasi strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik peserta didik di SMAIT Abu Bakar Yogyakarta, 3) Menganalisis kunci keberhasilan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik peserta didik di SMAIT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pendekatan penelitian ini adalah analisis kritis yang akan menjabarkan mengenai suatu permasalahan atau keunikan yang akan diteliti. Dengan melakukan analisis kritis, maka akan diperoleh analisis berupa kata-kata, gambar serta perilaku, yang kemudian akan dipaparkan dalam bentuk uraian naratif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian setelah itu data yang didapatkan akan dianalisis. Dalam penelitian ini yang dijadikan narasumber diantaranya adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, dan wali kelas. Data diverifikasi menggunakan triangulasi untuk keabsahan data, kemudian data dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data dan tahap terakhir dengan melakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian terkait strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik peserta didik di SMAIT Abu Bakar Yogyakarta adalah: 1) Implementasi strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, 2) Implikasi strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik peserta didik yang berjalan baik, terbukti dengan capaian-capaian prestasi siswa dari tingkat sekolah maupun nasional, 3) Kunci keberhasilan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik peserta didik diantaranya karena: Komunikasi, Kedisiplinan, Mendengar dan Berbenah. date: 2023-05-31 date_type: published pages: 145 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Rifdah Hasan Parinduri, NIM.: 21204091020 (2023) STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK DAN NON-AKADEMIK PESERTA DIDIK DI SMAIT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59749/1/21204091020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59749/2/21204091020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf