%0 Thesis %9 Skripsi %A MUHAMMAD ZAINURI, NIM. 04430978 %B /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ %D 2015 %F digilib:5977 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Pembelajaran Matematika, STAD, Keaktifan, KKM %T IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5977/ %X ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada pembelajaran matematika di kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Mlati ini dalam meningkatkan keaktifan dan pencapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara kolaboratif dan partisipatif. Setting penelitian ini adalah kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Mlati yang mempunyai 28 siswa. Tahapan dalam penelitian tindakan terdiri dari 3 langkah yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting) dan pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dengan 4 pertemuan setiap siklusnya. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, hasil tes belajar, hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Setelah dilakukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang meliputi tahap presentasi kelas, belajar kelompok, kuis, peningkatan skor individual dan penghargaan kelompok, menunjukkan bahwa keaktifan siswa kelas VII A SMP SMP Muhammadiyah 1 Mlati mengalami peningkatan. Hal ini dapatditunjukkan dengan meningkatnya persentase keaktifan yang cukup signifikanuntuk tiap siklus, yaitu untuk siklus I keaktifan siswa sebesar 43,71% dengan kategori sedang, untuk siklus II sebesar 65,82% dengan kategori tinggi. banyaknya persentase siswa yang mencapai kiteria ketuntasan minimal (KKM) juga mengalami peningkatan. Pada siklus I banyaknya siswa yang mencapai KKM sebesar 82,14% dan pada siklus II sebesar 92,86%. div %Z Pembimbing: 1. Drs. Sugiyono, M.Pd, 2. Ibrahim, M.Pd