eprintid: 5978 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/59/78 lastmod: 2012-05-04 16:49:04 status_changed: 2012-05-04 16:49:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NUR SYIAM APRIANI - NIM. 06670001, title: PELAKSANAAN PENILAIAN AUTHENTIK (AUTHENTIC ASSESSMENT) PADA MATA PELAJARAN KIMIA ispublished: pub full_text_status: none keywords: penilaian authentik (authentic assessment). note: Pembimbing: Siti Fatonah, M.Pd. abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan kendala penilaian authentik pada mata pelajaran kimia kelas x dengan di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis metode studi kasus, dengan obyek penelitian adalah pelaksanaan dan kendala yang dihadapi dalam penerapan penilaian autenthik di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, wawancara, dan analisis dokumen sekolah. Data dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif deskriptif dari berbagai sumber yang berbeda. Secara umum pelaksanaan penilaian authentik di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta cukup baik. Bentuk penilaian yang dilaksanakan mencakup penilaian autenthik di dalam kelas dan penilaian di luar kelas. Penilaian di dalam kelas antara lain kuis, pertanyaan lisan, presentasi, praktikum dan laporannya, dan ulangan harian. Penilaian autenthik di luar kelas antara lain karya siswa, tugas kelompok, PR, dan tugas individu. Sedangkan jenis tagihan yang digunakan guruuntuk dapat mengukur 3 ranah kompetensi belajar meliputi ranah kognitif berupa ulangan harian, ulangan tengah semester, ujian semester, dan ujian kenaikan kelas, ranah afektif berupa semua sikap, respon, pengumpulan tugas dan apresiasi peserta didik terhadap berlangsungnya pembelajaran, sedangkan untuk ranah psikomotorik meliputi keterampilan pada waktu praktikum dan tugas individu. Kendala yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan penilaian authentik adalah masih adanya kelas gemuk/besar, peserta didik belum siap menerapkan kegiatan pembelajaran yang melibatkan aktivitas secara menyeluruh, serta keterbatasan guru untuk berperan sebagai pengajar juga observer. Adanya penerapan pelaksanaan penilaian authentik didukung positif oleh kalangan guru, peserta didik juga pihak sekolah. div date: 2011-04-12 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2011-04-12 09:51:23 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--nursyiamap-5758-1-nursyia-c.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/116/digilib-uinsuka--nursyiamap-5758-1-nursyia-c.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6381 ; nama file lama : NUR SYIAM APRIANI - NIM. 06670001 PELAKSANAAN PENILAIAN AUTHENTIK (AUTHENTIC.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1054170 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2011-04-12 09:51:23 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--nursyiamap-5758-1-nursyia-c.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/116/digilib-uinsuka--nursyiamap-5758-1-nursyia-c.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6381 ; nama file lama : NUR SYIAM APRIANI - NIM. 06670001 PELAKSANAAN PENILAIAN AUTHENTIK (AUTHENTIC.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1054170 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: NUR SYIAM APRIANI - NIM. 06670001, (2011) PELAKSANAAN PENILAIAN AUTHENTIK (AUTHENTIC ASSESSMENT) PADA MATA PELAJARAN KIMIA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.