eprintid: 5980 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/59/80 lastmod: 2012-05-04 16:49:04 status_changed: 2012-05-04 16:49:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: PAWIT RIYADI - NIM. 06680021, title: PENGARUH PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE PROBLEM POSING TERHADAP PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA ispublished: pub full_text_status: none keywords: Metode, cooperative learning. problem posing, partisipasi, hasil belajar note: Pembimbing: Drs. Satino, M.Si. abstract: ABSTRAK Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Banguntapan tahun ajaran 2010/2011 dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode cooperative learning tipe problem posing terhadap partisipasi dan hasil belajar biologi siswa pada materi pokok Virus. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian pre-test post-test control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan. Sampel penelitian adalah kelas X.2 sebagai kelas perlakuan dan kelas X.4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk penilaian partisipasi belajar dan lembar soal tes untuk penilaian hasil belajar biologi siswa. Pengambilan data menggunakan metode tes dan observasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan dengan uji hipotesis. Sebelum dilakukan uji hipotesis, dilakukan uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode cooperative learning tipe problem posing berpengaruh secara signifikan terhadap partisipasi belajar biologi siswa dengan p = 0.000 lebih kecil dari 0.01 (p 0.01) pada taraf signifikansi 1% yang berarti hipotesis diterima, sedangkan penerapan metode cooperative learning tipe problem posing tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi pokok Virus kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan, hal ini di dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang diperoleh, yaitu thitung 1.570 dengan p = 0.122 lebih besar dari 0.01 (p 0.01) pada taraf signifikansi 1%, yang berarti hipotesis ditolak. div date: 2011-04-12 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2011-04-12 10:14:16 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--pawitriyad-5760-1-pawitri-g.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/116/digilib-uinsuka--pawitriyad-5760-1-pawitri-g.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6383 ; nama file lama : PAWIT RIYADI - NIM. 06680021 PENGARUH PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE PROBLEM POSING TERHADAP PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOG.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2545676 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2011-04-12 10:14:16 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--pawitriyad-5760-1-pawitri-g.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/116/digilib-uinsuka--pawitriyad-5760-1-pawitri-g.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6383 ; nama file lama : PAWIT RIYADI - NIM. 06680021 PENGARUH PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE PROBLEM POSING TERHADAP PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOG.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2545676 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: PAWIT RIYADI - NIM. 06680021, (2011) PENGARUH PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE PROBLEM POSING TERHADAP PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.