eprintid: 5982 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/59/82 lastmod: 2012-05-04 16:49:05 status_changed: 2012-05-04 16:49:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ROBIAH ADAWIYAH - NIM. 05430013, title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MELALUI STRATEGI GRUP INVESTIGASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP ispublished: pub full_text_status: none keywords: Model Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Masalah, Strategi Pembelajaran, Strategi Grup Investigasi, Pemahaman Konsep, Kemampuan Penyelesaian Masalah. note: Pembimbing: Sumaryanta, M. Pd. abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan penyelesaian masalah pada siswa kelas VII MTs N Seyegan dalam pembelajaran matematika. Peningkatan pemahaman konsep dan kemampuan penyelesaian masalah diupayakan dengan menerapkan pembelajaran berbasis masalah melalui strategi grup investigasi dalam kegiatan belajar mengajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart, sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif didukung dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dari penelitian ini adalah guru mata pelajaran matematika dan siswa kelas VIID MTs N Seyegan yang berjumlah 35 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan pembelajaran berbasis masalah melalui strategi grup investigasi pada pembelajaran matematika. Penelitian Tindakan Kelas ini terlaksana dalam 3 siklus. Data penelitian diperoleh dari hasil tes siswa, hasil observasi pembelajaran, hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan menurut Miles and Huberman yang terdiri dari empat komponen yaitu dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, display data, serta pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran berbasis masalah melalui strategi grup investigasi dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan penyelesaian masalah siswa. Peningkatan ini dapat dilihat dari skor rata-rata hasil tes siswa dan hasil observasi. Skor rata-rata pemahaman konsep siswa pada tes siklus I sebesar 46, pada siklus II sebesar 62, sedangkan pada siklus III sebesar 74. Skor rata-rata kemampuan penyelesaian masalah siswa pada siklus I sebesar 31, pada siklus II sebesar 59, dan pada siklus III sebesar 67. Dari hasil observasi pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan sebesar 4% dari siklus I ke siklus II, dan 4% dari siklus II ke siklus III. Sedangkan hasil observasi kemampuan penyelesaian masalah siswa mengalami peningkatan sebesar 12% dari siklus I ke siklus II, dan 12,75% dari siklus II ke siklus III. div date: 2011-04-12 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2011-04-12 11:14:47 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--robiahadaw-5762-1-robiaha-h.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/116/digilib-uinsuka--robiahadaw-5762-1-robiaha-h.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6385 ; nama file lama : ROBIAH ADAWIYAH - NIM. 05430013 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2675070 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2011-04-12 11:14:47 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--robiahadaw-5762-1-robiaha-h.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/116/digilib-uinsuka--robiahadaw-5762-1-robiaha-h.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6385 ; nama file lama : ROBIAH ADAWIYAH - NIM. 05430013 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2675070 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ROBIAH ADAWIYAH - NIM. 05430013, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MELALUI STRATEGI GRUP INVESTIGASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.