<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENAFSIRAN QS.AN-NAHL [16]: 43-44 PERSPEKTIF HERMENEUTIKA MA’NA CUM MAGZA"^^ . "Penafsiran QS.An-Naḥl [16]:43 telah direkontruksi mufasir kontemporer yang\r\nberfokus pada identitas kerasulan. Kata rijāl dalam QS.An-Naḥl [16]:43 terdapat\r\nindikasi makna perempuan yang dikorelasikan dengan “rijāl” di ayat lain dalam\r\nal-Qur’an seperti pada QS.Al-A’rāf [7]:46 dan 48, QS.Al-Jinn [72]:6, QS.At-\r\nTaubah [9]:108. Hal ini menunjukkan terdapat tendensi perbedaan dalam\r\nmenginterpretasikan penafsiran pada periode masa sebelumnya. Seperti Al-\r\nQurṭubī sosok mufasir abad ke-7 Hijriyah yang menyetujui adanya Nabi\r\nperempuan tetapi menegasikan terdapat Rasul perempuan yang tersirat dalam\r\nQS.An-Naḥl [16]:43. Kecenderungan perbedaan asumsi penafsiran dipengaruhi\r\noleh latar belakang konteks masa penafsir. Sehingga arketipe periode mufasir\r\nkontemporer membawa kebaharuan terkait identitas kerasulan. QS.An-Naḥl\r\n[16]:43 yang diklaim sebagai ayat kerasulan mengakibatkan adanya pengabaian\r\nuntuk memahami pesan ayat secara keseluruhan. Maka dari itu, penelitian ini\r\nberfokus mengkaji makna historis, signifikansi historis, dan signifikansi dinamis\r\nkontemporer dari QS.An-Naḥl [16]:43-44 dengan tujuan menemukan makna yang\r\nprogresif, komprehensif, dan kompatiber di era sekarang.\r\nPenelitian ini diaplikasikan dengan menggunakan metode kualitatif kajian\r\nkepustakaan yang diperoleh dari sumber-sumber data terkait penelitian dengan\r\nteori pendekatan ma’nā cum magzā. ma’nā cum magzā terbilang sebagai\r\npendekatan jalan yang seimbang dalam memahami al-Qur’an diantara berbagai\r\naliran penafsiran di era kontemporer. Teori ini dipilih karena mempunyai alat\r\nkerja yang terstruktur dan komprehensif dalam penawaran tafsir al-Qur’an, karena\r\ntelah menyatukan perangkat ilmu klasik dengan multidisiplin ilmu pengetahuan.\r\nHasil penelitian ini mengungkapkan bahwa QS.An-Naḥl [16]:43-44 hakekatnya\r\ntidak berfokus pada problematika identitas kerasulan, tetapi dengan pendekatan\r\nma’na cum magza mempunyai beberapa aspek hasil : pertama, makna historis\r\nyang menunjukkan adanya keterkaitan pernyataan kaum Quraisy yang meragukan\r\nNabi Muhammad SAW sebagai utusan, pembuktian sosok manusia yang diutus\r\ndibuktikan dengan perintah bertanya kepada ahlu aż-żikr yang mengetahui\r\nkemukjizatan para Rasul, dan wahyu yang diberikan kepada Nabi Muhammad\r\nSAW adalah al-Qur’an. Kedua, signifikansi historis, pesan ayat berupa penegasan\r\nbahwa Nabi Muhammad SAW menerima wahyu dari Allah dan wahyu tersebut\r\nmenjadi poin penting dalam menyampaikan dakwah. Sehingga pesan secara\r\nobjektif mengacu pada orang yang berdakwah harus dibekali dengan ilmu, orang\r\nyang mempunyai ilmu harus menyampaikan, dan perintah bertanya kepada\r\nprofesionalitas keilmuan. Ketiga, signifikansi dinamis kontemporer bahwa\r\npentingnya mempunyai kompetensi kebutuhan modal ilmu dalam berdakwah yang\r\nmeliputi beberapa strategi pendekatan aspek sosiologi, psikologi, kultural dan\r\nperintah bijak bertanya kepada profesionalitas keilmuan (ahli dalam bidangnya)."^^ . "2023-05-26" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 21205031005"^^ . "Miftahur Rohmah"^^ . "NIM.: 21205031005 Miftahur Rohmah"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN QS.AN-NAHL [16]: 43-44 PERSPEKTIF HERMENEUTIKA MA’NA CUM MAGZA (Text)"^^ . . . . . "21205031005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENAFSIRAN QS.AN-NAHL [16]: 43-44 PERSPEKTIF HERMENEUTIKA MA’NA CUM MAGZA (Text)"^^ . . . . . "PENAFSIRAN QS.AN-NAHL [16]: 43-44 PERSPEKTIF HERMENEUTIKA MA’NA CUM MAGZA (Other)"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN QS.AN-NAHL [16]: 43-44 PERSPEKTIF HERMENEUTIKA MA’NA CUM MAGZA (Other)"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN QS.AN-NAHL [16]: 43-44 PERSPEKTIF HERMENEUTIKA MA’NA CUM MAGZA (Other)"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN QS.AN-NAHL [16]: 43-44 PERSPEKTIF HERMENEUTIKA MA’NA CUM MAGZA (Other)"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN QS.AN-NAHL [16]: 43-44 PERSPEKTIF HERMENEUTIKA MA’NA CUM MAGZA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENAFSIRAN QS.AN-NAHL [16]: 43-44 PERSPEKTIF HERMENEUTIKA MA’NA CUM MAGZA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENAFSIRAN QS.AN-NAHL [16]: 43-44 PERSPEKTIF HERMENEUTIKA MA’NA CUM MAGZA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENAFSIRAN QS.AN-NAHL [16]: 43-44 PERSPEKTIF HERMENEUTIKA MA’NA CUM MAGZA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #59847 \n\nPENAFSIRAN QS.AN-NAHL [16]: 43-44 PERSPEKTIF HERMENEUTIKA MA’NA CUM MAGZA\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Alqur’an dan Tafsir " . .