eprintid: 5985 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/59/85 lastmod: 2012-05-04 16:49:05 status_changed: 2012-05-04 16:49:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SITI NUR CHANAH - NIM. 05430028, title: PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ispublished: pub full_text_status: none keywords: kemandirian belajar, keaktifan siswa dan prestasi belajar matematika. note: Pembimbing: 1. Sumardyono, M.Pd, 2. Epha Diana Supandi, M.Sc. abstract: ABSTRAK Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y), variabel-variabel bebas dalam penelitian adalah kemandirian belajar siswa ( 1 X ) dan keaktifan siswa ( 2 X ), sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar matematika (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs. Pondok Pabelan. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII 1 A dan VII 1 B sebanyak 48 siswa. Instrument penelitian dibuat sendiri oleh peneliti yaitu angket kemandirian belajar siswa sebanyak 27 butir pernyataan,dengan reliabilitas sebesar 0,940, angket keaktifan siswa sebanyak 21 butir pernyataan dengan reliabilitas sebesar 0,851, dan soal prestasi belajar matematika siswa sebanyak 20 butir pertanyaan dengan reliabilitas sebesar 0,759. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan regresi linier dua prediktor atau regresi linier ganda dan diperoleh persamaaan 1 2 Y amp;#710; = 55,245 + 0,205X - 0,345X . Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan R( 1 X ) = 0,087, tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan R( 2 X ) = -0,125, dan tidak terdapat pengaruh kemandirian belajar siswa dan keaktifan siswa secara bersamaan terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan nilai F regresi sebesar = 0,369. Tidak adanya pengaruh kemandirian belajar siswa dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTs. Pondok Pabelan ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya faktor kondisi pihak siswa yang diukur, kegiatan di luar sekolah, bentuk kemandirian belajar siswa dan bentuk keaktifan siswa. div date: 2011-04-12 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2011-04-12 13:39:48 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--sitinurcha-5765-1-sitinur-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/116/digilib-uinsuka--sitinurcha-5765-1-sitinur-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6388 ; nama file lama : SITI NUR CHANAH - NIM. 05430028 PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1753437 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2011-04-12 13:39:48 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--sitinurcha-5765-1-sitinur-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/116/digilib-uinsuka--sitinurcha-5765-1-sitinur-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6388 ; nama file lama : SITI NUR CHANAH - NIM. 05430028 PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1753437 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: SITI NUR CHANAH - NIM. 05430028, (2011) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.