eprintid: 5986 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/59/86 datestamp: 2015-01-28 04:58:28 lastmod: 2016-03-07 03:06:07 status_changed: 2012-05-04 16:49:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SITI RIFA'ATUL MAHMUDAH, NIM. 06680013 title: PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DAN TSTS (TWO STAY TO STRAY) ispublished: pub subjects: BB divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran Kooperatif, NHT (Numbered Heads Together), TSTS (Two Stay Two Stray), Kemampuan Berpikir Kritis. note: Pembimbing: Satino, M.Si. abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dan tipe TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar biologi, 2) mengetahui perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan tipe TSTS terhadap kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Banguntapan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperiment dengan desain post-test only control design. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas X yang terbagi menjadi 6 kelas. Sampel diambil dengan teknik random sebanyak 3 kelas. Data diperoleh melalui lembar observasi dan soal tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan adalah One Way Anova. Hasil uji Anova menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TSTS berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai sig 0,043 ( 0,05). Hasil uji Anova menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TSTS berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig 0,037 ( 0,05). Uji lanjut beda mean dengan Tukey test menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada: 1) model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbeda nyata dengan metode diskusi dengan nilai sig 0,000 ( 0,05), 2) model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berbeda nyata dengan metode diskusi dengan nilai sig 0,000 ( 0,05). Uji lanjut beda mean dengan Tukey test menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa pada: 1) model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbeda nyata dengan metode diskusi dengan nilai sig 0,000 ( 0,05), 2) model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berbeda nyata dengan metode diskusi dengan nilai sig 0,028 ( 0,05). div date: 2015-01-28 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE citation: SITI RIFA'ATUL MAHMUDAH, NIM. 06680013 (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DAN TSTS (TWO STAY TO STRAY). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5986/1/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5986/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf