TY - THES N1 - Pembimbing: 1. Sumaryanta, M. Pd., 2. Epha Diana Supandi, M. Sc. ID - digilib5987 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5987/ A1 - SURYANTI NURUL ISTIQOMAH , NIM. 07600050 Y1 - 2015/01/12/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1. efektifitas pembelajaran matematika di kelas XI IPA SMA N 2 Banguntapan dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dilengkapi metode Crossword Puzzle dibandingkan dengan pembelajaran dengan menggunakan metode ekspositori ditinjau dari pemahaman konsep matematika siswa; 2. efektifitas pembelajaran matematika di kelas XI IPA SMA N 2 Banguntapan dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dilengkapi metode Crossword Puzzle dibandingkan dengan pembelajaran dengan menggunakan metode ekspositori ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa penggunaan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dilengkapi metode Crossword Puzzle, variabel terikat berupa pemahaman konsep matematika dan kemampuan berpikir kreatif, dan variabel kontrol berupa materi sukubanyak, waktu pembelajaran, dan guru mata pelajaran yang sama. berdasarkan pengambilan sampelnya, penelitian ini merupakan penelitian sensus dengan populasi dan sampelnya yaitu kelas XI IPA SMA N 2 Banguntapan. Teknik pengumpulan data menggunakan: ujian, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa tes dan angket yang divalidasi isi dan konstruk. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah deskriptif kuantitatif menggunakan rumus ratarata (mean. Hasil penelitian ini adalah: 1. pembelajaran matematika di kelas XI IPA SMA N 2 Banguntapan dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dilengkapi metode Crossword Puzzle lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran dengan menggunakan metode ekspositori ditinjau dari pemahaman konsep matematika siswa; 2. Pembelajaran matematika di kelas XI IPA SMAN 2 Banguntapan dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dilengkapi metode Crossword Puzzle tidak lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran dengan menggunakan metode ekspositori ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif siswa. div PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - efektivitas KW - Missouri Mathematics Project (MMP) KW - Crossword Puzzle KW - pemahaman konsep matematika KW - kemampuan berpikir kreatif M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DILENGKAPI METODE CROSSWORD PUZZLE AV - restricted ER -