eprintid: 59977 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/99/77 datestamp: 2023-07-21 08:07:50 lastmod: 2023-07-21 08:07:50 status_changed: 2023-07-21 08:07:50 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Nur’Rahmat Agung Wijaya, NIM.: 19104060025 title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pen_kim divisions: pr_pendidikan_kimia_s1 full_text_status: restricted keywords: berpikir kritis; hasil belajar peserta didik; model pembelajaran REACT note: Pembimbing: Muhammad Zamhari, S.Pd.Si., M.Sc. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) adakah pengaruh model pembelajaran REACT terhadap kemampuan bepikir kritis peserta didik pada materi larutan penyangga, (2) adakah pengaruh model pembelajaran REACT terhadap hasil belajar peserta didik pada materi larutan penyangga, dan (3) keefektifan model pembelajaran REACT terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada materi larutan penyangga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA semester genap di MAN 2 Bantul tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel pada penelitian menggunakan teknik cluster random sampling untuk pengambilan sampel dari populasi dan diperoleh sampel kelas XI MIPA 2 berjumlah 27 peserta didik dan XI MIPA 3 berjumlah 21 peserta didik sebagai sampel penelitian. Instrumen pengambilan data menggunakan soal tes, lembar angket skala kemampuan berpikir kritis, dan lembar respon peserta didik. Teknik analisis data kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik dilakukan dengan uji statistik non-parametrik, yaitu dengan uji Mann-Whitney U-test untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran REACT terhadap kemampuan bepikir kritis peserta didik pada materi larutan penyangga dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,047, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran REACT terhadap hasil belajar peserta didik pada materi larutan penyangga dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, dan (3) model pembelajaran REACT efektif terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada materi larutan penyangga dengan nilai persentase efektivitas 77,25%. date: 2023-05-03 date_type: published pages: 275 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nur’Rahmat Agung Wijaya, NIM.: 19104060025 (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59977/1/19104060025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59977/2/19104060025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf