%A NIM.: 07710040 BAGUS AJI YUSTISIAWAN %O Pembimbing: Erika Setyanti Kusumaputri, S.Psi., M.Si. %T EFEKTIVITAS PENAYANGAN VIDEO TENTANG AKIBAT MEROKOK DALAM MENGUBAH SIKAP %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penayangan video tentang akibat merokok dalam mengubah sikap positif terhadap merokok menjadi negatif terhadap merokok. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dengan jumlah 4 orang yang tergabung dalam satu kelompok eksperimen. Karakteristik subyek diantaranya : 1) memiliki sikap positif terhadap merokok yang ditunjukkan dari skor tinggi yang diperoleh subyek saat pengisian skala sikap terhadap merokok dengan menggunakan norma X amp;#8805; x + 1 SD, 2) perokok aktif, 3) berjenis kelamin laki-laki, 4) berusia antara 18-25 tahun. Kelompok eksperimen mendapat perlakuan berupa penayangan video tentang akibat merokok yang berdurasi 19 menit 28 detik. Desain yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan dua cara yaitu penggunaan skala sikap terhadap merokok yang disusun oleh peneliti dan lembar pendapat. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik nonparametrik dengan menggunakan teknik Wilcoxon Signed-Rank untuk menguji beda skor dari dua sampel yang berpasangan (related sample) yaitu data pretest dan posttest pada kelompok eksperimen. Hasil Wilcoxon Signed-Rank Test menunjukkan bahwa penayangan video tentang akibat merokok tidak efektif dalam mengubah sikap positif terhadap merokok menjadi negatif terhadap merokok (p=0,465). div %K video tentang akibat merokok, sikap terhadap merokok %D 2011 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib5999