@phdthesis{digilib60058, month = {May}, title = {Kecanduan Game Online Di Kalangan Mahasiswa Ditinjau dari Perilaku Sensation Seeking}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 17107010104 Mohammad Nur Fazri}, year = {2023}, note = {Pembimbingh: Sabiqotul Husna, S.Psi, M.si}, keywords = {sensation seeking behavior; online game addiction; male college students}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60058/}, abstract = {Kecanduan game online menjadi salah satu permasalahan yang masih terus terjadi terutama di kalangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku sensation seeking dengan kecanduan game online. Subjek dalam penelitian ini adalah 123 mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, berjenis kelamin laki-laki, dan bermain game online minimal lebih dari 8 jam sehari. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan penentuan ukuran minimal sampel menggunakan software G-Power. Alat pengumpulan data menggunakan modifikasi Skala Perilaku Sensation Seeking dan Skala Kecanduan Game Online. Adapun analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Pearson product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara perilaku sensation seeking dengan kecanduan game online. Hal tersebut ditunjukan dengan signifikansi koefisien korelasi Pearson Product Moment sebesar 0,00 (p{\ensuremath{<}}0.05) dengan nilai korelasi sebesar 0.700. Adapun sumbangan efektif perilaku sensation seeking terhadap kecanduan game online adalah sebesar 49\% sedangkan 51\% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil ini berimplikasi praktis terhadap kebutuhan perancangan intervensi bagi mahasiswa yang kecanduan game online dan perhatian orangtua terkait hal tersebut.} }