TY - THES N1 - Pembimbing: Zaen Musyrifin, S.Sos.I, M.Pd.I ID - digilib60112 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60112/ A1 - Iqbal Hadi Dalimunthe, NIM.: 18102020074 Y1 - 2023/07/10/ N2 - Latar belakang masalah pada penelitian adalah pendidikan karakter di Indonesia yang masih membutuhkan perhatian. Berdasarkan pengamatan peneliti banyak siswa yang sudah berperilaku baik seperti saling membantu antar siswa, membuang sampah pada tempatnya, mendengarkan pelajaran dengan baik dan melaksanakan ibadah tepat waktu. Walaupun sebagian besar siswa sudah melaksanakn hal-hal di atas dengan baik, namun beberapa siswa terdengar mengucapkan kata kotor terhadap teman, terlihat tertidur saat guru menjelaskan, keluar masuk kelas saat jam pelajaran berlangsung dan kedisiplinan serta kesadaran yang kurang dalam melaksanakan ibadah. Perilaku tersebut termasuk berkaitan dengan salah satu karakter yang paling penting yaitu karakter religius, karena dengan memiliki karakter religius siswa akan lebih percaya diri dan menghindari perilaku-perilaku menyimpang sehingga hubungan siswa dengan guru,teman sebaya serta lingkungan sekitar akan lebih efektif. Dengan memanfaatkan fungsi guru BK dengan melakukan pelayanan bimbingan kelompok diharapkan siswa mendapatkan kesadaran akan pentingnya karakter religius serta dengan senang hati menumbuh kembangkan karakter religiusnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tahap-tahap yang dilakukan sekolah dalam proses bimbingan kelompok untuk membentuk karakter religius siswa kelas VII MTs N 9 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian guru bimbingan dan konseling, wali kelas, serta dua siswa kelas VIII MTs N 9 Bantul. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah tahap-tahap bimbingan kelompok untuk membentuk karakter religius siswa kelas VIII MTs N 9 Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu terdapat empat tahap yang dilakukan untuk membentuk karakter religius yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap pelaksanaan (kegiatan) dan tahap pengakhiran. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Bimbingan Kelompok; Karakter Religius M1 - skripsi TI - BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS VIII MTS N 9 BANTUL AV - restricted EP - 135 ER -