TY - THES N1 - Pembimbing: Mochammad Sinung Restendy, M.Sos. ID - digilib60120 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60120/ A1 - Farah Fadhilah Akalili, NIM.: 16210062 Y1 - 2023/08/16/ N2 - Media sosial saat ini banyak dimanfaatkan oleh pada da?i dan aktivis dakwah sebagai sarana berdakwah. Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia dengan isi konten yang dibagikan salah satunya berupa konten dakwah. Salah satu akun di Instagram yang membagikan konten dakwah adalah akun Instagram @ruangnderes yang akan menjadi objek kajian pada penelitian ini. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Uses and Gratifications. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif dan kepuasan followers dalam mengakses akun instagram @ruangnderes, mengetahui hubungan antara motif dan kepuasan followers dalam mengakses akun instagaram @ruangnderes, dan mengetahui tingkat kepuasan followers dalam mengakses akun instagaram @ruangnderes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial sebagai metode analisis datanya. Teknik pengumpulan data penelitian diperoleh melalui metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik nonprobability sampling menggunakan rumus Slovin. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji korelasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa mayoritas followers dalam mengakses akun instagram @ruangnderes memilih motif identitas peribadi sebagai kepuasan yang ingin dicapai dalam mengakses akun Instagram @ruangnderes dengan skor mean 436, sedangkan pada kepuasan yang diterima followers setelah mengakses akun Instagram @ruangnderes adalah kepuasan identitas pribadi dengan skor mean 417,33. Pada hubungan antara motif dan kepuasan followers dalam mengakses akun instagaram @ruangnderes memiliki hubungan yang sangat kuat dengan derajat hubungan sebesar 0,824 dan memiliki hubungan yang positif. Tingkat kepuasan followers dalam mengakses akun Instagram @ruangnderes sebesar 67,9% berasal dari motif mengakses akun Instagram @ruangnderes, sedangkan 32,1% kepuasan dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Use and Gratification KW - Instagram KW - @Ruangnderes. M1 - skripsi TI - MOTIF DAN KEPUASAN FOLLOWERS DALAM MENGAKSES AKUN INSTAGRAM @RUANGNDERES AV - restricted EP - 121 ER -