TY - THES N1 - Pembimbing: Ruspita Rani Pertiwi S.Psi, M.M. ID - digilib6018 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6018/ A1 - OKTAFIANA FAJRI, NIM.: 06710030 Y1 - 2011/05/10/ N2 - ABSTRAK Tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu tujuan utama dan tujuan tambahan. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara berpikir positif dengan daya tahan terhadap stres pada guru honorer. Sedangkan tujuan tambahan dalam penelitian ini adalah mengetahui tingkat berpikir positif pada guru honorer dan mengetahui tingkat daya tahan terhadap stres pada guru honorer. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kuantitatif. Subjek yang digunakan adalah guru honorer pada perkumpulan guru honorer di Klaten, yang berjumlah 70 subjek. Dalam pengumpulan data menggunakan skala psikologi yang berbentuk angket. Sedangkan dalam menganalisis data digunakan analisis-analisis data kuantitatif sesuai dengan metode yang sudah tersedia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara variabel daya tahan terhadap stres dengan berpikir positif, yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rxy ) = 0,595 dan peluang kesalahan p= 0,000 (p 0,01 ). Sumbangan efektif yang diberikan variabel berpikir positif terhadap daya tahan terhadap stres sebesar 35,4%, yang dapat dilihat dari nilai (r2 = 35,4%). div PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Daya Tahan Terhadap Stres KW - Berpikir Positif M1 - skripsi TI - HUBUNGAN ANTARA BERPIKIR POSITIF DENGAN DAYA TAHAN TERHADAP STRES PADA GURU HONORER AV - restricted EP - 185 ER -