TY - THES N1 - Pembimbing: Slamet, S. Ag., M.Si. ID - digilib60183 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60183/ A1 - Aulia Ayu Kusuma Ningrum, NIM.: 19102020015 Y1 - 2023/04/14/ N2 - Projek Penguatan Profil Pancasila merupakan bagian dari program pengembangan Kurikulum Merdeka yang berbasis projek yang dirancang untuk mensukseskan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Profil pelajar Pancasila memiliki enam kompetensi yang dirumuskan sebagai dimensi kunci yang saling berkaitan dan saling menguatkan guna mewujudkan profil pelajar Pancasila yang utuh. Sebagaimana dituangkan dalam Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (2022) yang dikeluarkan oleh Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek menyebutkan bahwa dalam pembagian peran dan tanggungjawab dalam pengelolaan projek profil pelajar Pancasila harus melibatkan guru bimbingan dan konseling untuk memfasilitasi proses berjalannya projek dengan memberikan dukungan, baik dalam bidang akademis, emosional, serta moral peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan mereduksi data yang didapat kemudian menyajikan kedalam pola dan membuat kesimpulan dan verifikasi dari hasil tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP IT Abu Bakar adalah sebagai informator, organisator, motivator, pengarah, inisiator, transmitter, fasilitator, mediator, evaluator. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Guru KW - Bimbingan dan Konseling KW - Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila M1 - skripsi TI - PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA AV - restricted EP - 137 ER -