%A NIM.: 18102040018 Aristiadi Yulianda %O Pembimbing: Muhammad Irfai Muslim, S.Pd, M.Si %T EFEKTIVITAS PELAYANAN PENGADUAN JEMAAH UMRAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SOLOK TAHUN 2021 %X Efektivitas pelayanan pengaduan jemaah umrah merupakan upaya dalam meningkatkan kepuasan jemaah. Tingginya minat masyarakat dalam melaksanakan ibadah umrah, maka dibutuhkan pelayanan yang baik dan bermutu, kemampuan tersebut ditunjukkan oleh sumber daya manusia dan sarana parasrana yang dimiliki. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana efektivitas pelayanan pengaduan jemaah umrah pada masa pandemi covid-19 di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok tahun 2021. Metode penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan jemaah umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok pada masa pandemi covid-19 tahun 2021 berjalan cukup efektif. Hal ini dilihat dari pelayanan yang diberikan serta kemudahan kepada jemaah dengan datang langsung ke Kantor dan bisa menghubungi pegawai secara online berupa telepon. Jemaah merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan Kantor Kementerian Agama Kabupaten, karena kualitas pelayanan yang diberikan, kemudahan dalam mendapatkan pelayanan sesuai dengan keperluan jemaah. %K efektivitas pelayanan; kepuasan jemaah; umrah %D 2023 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib60193