eprintid: 6020 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/60/20 datestamp: 2023-11-23 04:31:31 lastmod: 2023-11-23 04:32:39 status_changed: 2012-05-04 16:49:11 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RASNO, NIM.: 05730007 title: MANAJEMEN REPUTASI FUNGSI PUBLIC RELATIONS YANG DIJALANKAN PT PERTAMINA (PERSERO) PUSAT JAKARTA DALAM MENGELOLA REPUTASI ispublished: pub subjects: I full_text_status: restricted keywords: Manajemen reputasi, fungsi public relations. note: Pembimbing: Drs. Abdul rozak, M.Pd. abstract: ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan fungsi yang dijalankan Public Relations PT Pertamina (Persero) Jakarta dalam mengelola reputasi. Pilihan PT Pertamina (Persero) Jakarta karena Pertamina adalah sebuah perusahaan BUMN yang kehadirannya di bawah pengawasan public. Berbagai kebijakan pemerintah sehubungan dengan kenaikan bahan bakar minya (BBM) menjadi beban tersendiri bagi Public Relations dalam mengelola reputasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Divisi Public Relations (sekarang Divisi Komunikasi) PT. Pertamina (Persero) Jakarta. Sedangkan obyek penelitiannya adalah bagaimana Public Relations ini dalam mengelola reputasi. Informan penelitian ini dipilih secara purposif. Data dikumpulkan melalui studi pustaka, dokumentasi, observasi nonpartisipan dan wawancara mendalam dengan tipe open-ended. Manajemen reputasi yang dilakukan Public Realtions PT Pertamina menggunakan tiga aspek yang didasarkan pada sumber daya organisasi sesuai Firma Public Relations Mosley amp;Co yaitu, Penelitian, Positioning, penyusunan pesan, dan strategi. Sedangkan fungsi yang dilakukan Public Relations atau Divisi Komunikasi dalam mengelola reputasi adalah dilakukan sesuai dengan model fungsi Public Relations yang dilakukan oleh Kriyantono, yakni Pertama, memelihara komunikasi yang seharusnya harmonis antara perusahaan dengan publiknya (maintain good communication). Kedua, melayani kepentingan publik dengan baik (public service's interest). Ketiga, memelihara perilaku dan moralitas perusahaan dengan baik. (maintain good morals amp;manners). div date: 2011-05-10 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Ishum/ thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2011-05-10 15:34:06 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--rasnonim05-6017-1-rasno--m.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/121/digilib-uinsuka--rasnonim05-6017-1-rasno--m.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6641 ; nama file lama : RASNO - NIM.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1155308 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2011-05-10 15:34:06 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--rasnonim05-6017-1-rasno--m.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/121/digilib-uinsuka--rasnonim05-6017-1-rasno--m.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6641 ; nama file lama : RASNO - NIM.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1155308 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: RASNO, NIM.: 05730007 (2011) MANAJEMEN REPUTASI FUNGSI PUBLIC RELATIONS YANG DIJALANKAN PT PERTAMINA (PERSERO) PUSAT JAKARTA DALAM MENGELOLA REPUTASI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6020/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6020/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf