%0 Thesis %9 Skripsi %A Luthfiana Nur Khoiriyah, NIM.: 19102040051 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2023 %F digilib:60224 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Digital Fundraising, Zakat, Platform Digital %P 110 %T EFEKTIVITAS PELAKSANAAN DIGITAL FUNDRAISING DALAM MENINGKATKAN PEMBAYARAN ZAKAT DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60224/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media digital seperti platform digital yang biasa digunakan dalam pembayaran secara digital ini diantaranya QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard), niaga-el (e-commerce), crowdfunding, maupun layanan mobile banking di lingkungan BAZNAS Kota Yogyakarta sebagai sarana pembayaran zakat bagi para muzakki sehingga proses penghimpunan (fundraising) zakat menjadi lebih maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas digital fundraising dalam meningkatkan pembayaran zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, obervasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis data Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital fundraising zakat di BAZNAS Kota Yogyakarta dilaksanakan dalam dua langkah, yaitu penetapan sasaran muzakki prioritas dan penyediaan media pembayaran digital melalui website Kantor Digital yang mewadahi layanan digital fundraising seperti QRIS, e-commerce, dan crowdfunding. Media ini memudahkan pembayaran zakat sehingga pelaksanaannya dapat berjalan dengan efektif. Efektivitas ini dinilai berdasarkan 4 indikator, yaitu (1) Produktivitas, terdapat peningkatan penerimaan zakat pada setiap tahunnya serta dapat mengatasi berbagai kendala terkait pembayaran zakat, hanya saja peningkatan tersebut belum memenuhi target yang diharapkan. (2) Kemampuan adaptasi, adanya program digital fundraising dapat diterima dengan baik segala perubahannya serta memberikan kemudahan untuk masyarakat atau muzakki serta amil yang bertugas untuk menghimpun dana zakat. (3) Kepuasan kerja, layanan digital fundraising zakat ini dapat memenuhi kebutuhan muzakki dengan baik sehingga dapat memudahkan dalam melakukan pembayaran zakat serta dapat meningkatkan kepercayaan di kalangan masyarakat. (4) Pengembangan sistem media digital fundraising, BAZNAS Kota Yogyakarta yaitu dengan memaksimalkan layanan-layanan digital yang belum sepenuhnya memenuhi target yang akan dicapai, seperti e-commerce dan crowdfunding. %Z Pembimbing: Shofi’unnafi, M.M.