eprintid: 60235 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/02/35 datestamp: 2023-09-11 04:39:51 lastmod: 2023-09-11 04:39:51 status_changed: 2023-09-11 04:39:51 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Khoirul Umam, NIM.: 19102040087 title: STRATEGI PEMASARAN MARKETPLACE SHOPEE PADA ONLINE SHOP ASTACALA.AR ispublished: pub subjects: pdk divisions: jur_md full_text_status: restricted keywords: Strategi, Pemasaran, Marketplace Shopee, Online Shop Astacala.ar note: Pembimbing: Drs. M. Rosyid Ridla, M.Si abstract: Latar belakang dari penelitian ini adalah pentingnya strategi pemasaran pada marketplace Shopee untuk mengenalkan produk yang dijual kepada konsumen. Sebelum berjualan online di marketplace Shopee penjual perlu menganalisis pasar yang ada untuk membuat strategi pemasaran yang tepat. Dalam hal ini analisis SWOT merupakan model analisis yang tepat untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki oleh online shop. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran yang digunakan oleh online shop Astacala.ar pada marketplace Shopee. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mendeskripsikan bagaimana cara atau strategi yang digunakan dalam memasarkan produknya oleh online shop Astacala.ar pada marketplace Shopee. Teori yang digunakan adalah teori strategi pemasaran dari Sofian Assauri merupakan serangkaian rencana yang menyeluruh, menyatu dan terpadu dalam bidang pemasaran yang dibuat oleh sebuah perusahaan untuk dijadikan sebagai pedoman dalam memberikan arahan tentang kegiatan pemasaran yang akan dijalankan oleh suatu perusahaan agar dapat mencapai tujuan perusahaan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi langsung kepada pemilik online shop Astacala.ar, karyawan, dan konsumen online shop Astacala.ar. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dari hasil analisis pada tabel IFAS, faktor kekuatan dan kelemahan memiliki total skor 2,86 yang berarti bahwa nilai ini mengindikasikan posisi internal pada online shop Astacala.a kuat. Dan dari hasil analisis tabel EFAS, faktor peluang dan ancaman memiliki total skor 2,65 yang berarti ini mengindikasikan bahwa perusahaan mampu merespon peluang yang ada dengan baik dan mampu menghadapi ancaman-ancaman yang ada. date: 2023-07-18 date_type: published pages: 163 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Khoirul Umam, NIM.: 19102040087 (2023) STRATEGI PEMASARAN MARKETPLACE SHOPEE PADA ONLINE SHOP ASTACALA.AR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60235/1/19102040087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60235/2/19102040087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf