%0 Thesis %9 Skripsi %A Moh. Shobirin, NIM.: 00460018 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2005 %F digilib:60255 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Induktif, Pengembangan Materi, Pengalaman Belajar, Integrasi Life Skill. %P 74 %T STUDI EKSPLORASI PENYUSUNAN MATERI PELAJARAN GELOMBANG BUNYI DENGAN MENGITEGRASIKAN LIFE SKILL DI MADRASAH ALIYAH %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60255/ %X Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana cara menyusun materi pelajaran yang mengintegrasikan life skill pada pokok bahasan gelombang bunyi. Dari skripsi ini juga bertujuan untuk menyusun pengalaman belajar siswa yang mengintegrasikan life skill pada pokok bahasan gelombang bunyi. Dari kedua tujuan tersebut diupayakan dalam penyusunan materi dan penyusunan pengalaman belajar, dikembangkan ke dalam life skill, sehingga dapat membantu siswa dalam memahami materi gelombang bunyi yang lebih mudal1 dan menarik. Pola pengembangan penulisan dari buku ajar ini adalah indukt(l yaitu dimulai dengan menyajikan fenomena atau pengalaman fisis, yang kemudian diuraikan dalam bentuk teo1itis, selanjutnya mengarah pada aplikasi materi gelombang bunyi dalam kehidupan sehari-hari, dan pengembangannya ke life skill. Buku ajar ini dikembangakan melalrai standar kompetemsi, kemampuan dasar, materi pokok, indik.ator-indikator dan pengala..ma..n belajar. BtLku ajar juga disesuaikan dengan tingkat kognitif siswa, maka dari itu susunan materi pelajaran disusun secara hirarki sescti dengan tingkat kesulitan dalam memahami materi gelombang bunyi. Bersesuaian dengan tingkat kesulitan materi, maka materi pokok bahasan gelombang bunyi, dimulai dengan getaran, kemudian dilanjutkan dengan gejala gelombang dan bunyi. Dari gambarĀ­gambar yang ada di setiap ulasan sub pokok bahasan. bertujuan untuk memudahkan bagi siswa untuk memahami fenomena fisis gelombang bunyi dan diupayakan dari gambar tersebut dikembangkan dalam bentuk uraia..11 materi yang dapat membantu sisĀ½ %Z Pembimbing: Prof Drs. Suparwoto, M,Pd