eprintid: 60257 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/02/57 datestamp: 2023-09-11 08:37:34 lastmod: 2023-09-11 08:37:34 status_changed: 2023-09-11 08:37:34 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Rizkia Aulia Pradita, NIM.: 19102050020 title: PEMBERDAYAAN DISABILITAS GANDA MELALUI PROGRAM BINA KETERAMPILAN DI PANTI III YAYASAN SAYAP IBU YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: K subjects: dif divisions: jur_iks full_text_status: restricted keywords: Disabilitas, Pemberdayaan, Panti Asuhan note: Pembimbing: Idan Ramdani, M.A. abstract: Penelitian ini membahas mengenai pemberdayaan yang dilakukan pada disabilitas ganda melalui program bina keterampilan, karena dengan adanya keterampuilan yang dimiliki oleh penyandang disabilitas maka dapat dianggap lebih meningkatkan produktivitas pada penyandang disabilitas. Disisi lain penyandang disabilits juga memiliki kedudukan, kewajiban serta hak yang sama dengan masyarakat lainnya. Dengan berbagai keterbataasan yang dimiliki oleh penyandang disabilitas, mereka juga memiliki hak untuk belajar, hak untuk berkerja, hak untuk hidup dengan mandiri, hak untuk berkarya serta hak untuk mengembangkan diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif yang digunakan untuk mengetahui bagaimana tahapan pemberdayaan pada penyandang disabilitas yang dilakukan di Panti III Yayasan Sayap Ibu Cabang D.I Yogyakarta.Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini peneliti mengacu pada teori tahapan pemberdayaan menurut Isbandi Rukminto Adi. Adapun Tahapan pemberdayaan yang dilakukan di Panti III Yayasan Sayap Ibu Cabang D.I Yogyakarta dilaksanakan melalui tujuh tahapan yang dimana tahapan tersebut sudah sesuai, yakni diantaranya: (1) Tahap persiapan, yakni persiapan media dan tentor dalam kegiatan keterampilan; (2) Tahap pengkajian, yakni tugas assesment kepada anak asuh, agar pekerja sosial mengetahui potensi, minat serta bakat yang dimiliki oleh anak asuh; (3) Tahap perencanaan, yakni kegiatan musyawarah berkaitan dengan hasil assesmen; (4) Tahap performalisasi rencana aksi, yakni pekerja sosial memberi rujukan kepada klien; (5) Tahap pelaksanaan program, dengan cara pemberian materi terkait pembuatan keterampilan kepada anak asuh; proses pembuatan suatu keterampilan; (6) Tahap evaluasi sebagai alat kontrol program; dan (7) Tahap terminasi. date: 2023-08-21 date_type: published pages: 102 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Rizkia Aulia Pradita, NIM.: 19102050020 (2023) PEMBERDAYAAN DISABILITAS GANDA MELALUI PROGRAM BINA KETERAMPILAN DI PANTI III YAYASAN SAYAP IBU YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60257/1/19102050020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60257/2/19102050020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf