TY - THES N1 - Pembimbing : Moh. Khoirudin, S.Pd. ID - digilib60312 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60312/ A1 - April Aripin Abdillah, NIM.: 00220039 Y1 - 2007/07/26/ N2 - Guru BP harus selalu siap dalam membimbing dan membantu setiap siswa secara efektif. Peran guru BP di lingkungan sekokah sangat vital karena sebagai pengganti orang tua di sekolah, juga sebagai tempat berkonsultasi dan bercerita tentang permasalahan yang mengganggu dalam proses belajar-mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan guru BP terhadap siswa kelas III SMK PI Ambarukmo I Sleman yogyakarta dan untuk mengetahui efektifitas guru BP di sekolah ini dalam membimbing siswa kelas III. Subejek dalam penelitian ini adaah guru bimbingan penyuluhan dan siswa kelas III SMK PI Ambarukmo I Sleman Yogyakarta, dan objek dalam penelitian ini adalah efektifitas bimbngan terkait dengan pengaruh penggunaan metode, materi, dan evaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan diantaranya adalah metode observasi, interview, dan dokumentasi, sedangkan metode yang digunakan untuk analisa data adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbngan guru BP terhadap siswa kelas III SMK PI Ambarukmo I Sleman Yogyakarta menggunakan beberapa metode yang sering digunakan untuk bibingan, meliputi metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasehat, dan metode hukuman. Sedangkan materi yang digunakan meliputi materi akhlak terhadap orang tua, terhadap guru, materi keimanan, kelompok belajar, dan bimbingan akhir. Keefektifitasan bimbingan dapat dilihat dari masing-masing komponen sistem yang terdiri dari input, proses, dan output. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - bimbingan konseling; kompetensi guru; metode belajar M1 - skripsi TI - EFEKTIFITAS BIMBINGAN GURU BIMBINGAN DAN PENYULUHAN (BP) TERHADAP SISWA KELAS III SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PI AMBARUKMO I SLEMAN YOGYAKARTA AV - restricted ER -