eprintid: 60312 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12464 dir: disk0/00/06/03/12 datestamp: 2023-09-18 01:11:29 lastmod: 2023-09-18 01:11:29 status_changed: 2023-09-18 01:11:29 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: asri.chasanawati@uin-suka.ac.id creators_name: April Aripin Abdillah, NIM.: 00220039 title: EFEKTIFITAS BIMBINGAN GURU BIMBINGAN DAN PENYULUHAN (BP) TERHADAP SISWA KELAS III SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PI AMBARUKMO I SLEMAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: BA divisions: jur_bpi full_text_status: restricted keywords: bimbingan konseling; kompetensi guru; metode belajar note: Pembimbing : Moh. Khoirudin, S.Pd. abstract: Guru BP harus selalu siap dalam membimbing dan membantu setiap siswa secara efektif. Peran guru BP di lingkungan sekokah sangat vital karena sebagai pengganti orang tua di sekolah, juga sebagai tempat berkonsultasi dan bercerita tentang permasalahan yang mengganggu dalam proses belajar-mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan guru BP terhadap siswa kelas III SMK PI Ambarukmo I Sleman yogyakarta dan untuk mengetahui efektifitas guru BP di sekolah ini dalam membimbing siswa kelas III. Subejek dalam penelitian ini adaah guru bimbingan penyuluhan dan siswa kelas III SMK PI Ambarukmo I Sleman Yogyakarta, dan objek dalam penelitian ini adalah efektifitas bimbngan terkait dengan pengaruh penggunaan metode, materi, dan evaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan diantaranya adalah metode observasi, interview, dan dokumentasi, sedangkan metode yang digunakan untuk analisa data adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbngan guru BP terhadap siswa kelas III SMK PI Ambarukmo I Sleman Yogyakarta menggunakan beberapa metode yang sering digunakan untuk bibingan, meliputi metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasehat, dan metode hukuman. Sedangkan materi yang digunakan meliputi materi akhlak terhadap orang tua, terhadap guru, materi keimanan, kelompok belajar, dan bimbingan akhir. Keefektifitasan bimbingan dapat dilihat dari masing-masing komponen sistem yang terdiri dari input, proses, dan output. date: 2007-07-26 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: April Aripin Abdillah, NIM.: 00220039 (2007) EFEKTIFITAS BIMBINGAN GURU BIMBINGAN DAN PENYULUHAN (BP) TERHADAP SISWA KELAS III SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PI AMBARUKMO I SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60312/1/00220039_BAB%20I_%20BAB%20IV_DAFTAR%20PUSRAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60312/2/00220039_BAB%20II_BAB%20III.pdf