@phdthesis{digilib60319, month = {June}, title = {COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE SEBAGAI MODEL PENGAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN ALAT-ALAT OPTIKPADA SISWA KELAS 2 MTsN KARANGMOJO GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2004 / 2005}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 00460084 Wedah Izul Sulanjari}, year = {2005}, note = {Pembimbing: Warsono. M.Si.}, keywords = {Cooperative Learning Tipe Think Pair Share, Direct Instruction, Hasil Belajar Fisika.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60319/}, abstract = {Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar fisika siswa yang ditunjang denGan cooperative luurni1,g tipe think pair share dan dengan direct instruction. Penelitian ini juga ingin mengetahui dari penggunaan dua model rnengajar ini, rnana yang mernpunyai asil lebih baik untuk rneningkatkan hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperirnen dengan desain penelitian Pre !'est Post Test Control Group dengan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 yang berjumlah 128 siswa. Berdasarkan pengundian maka diperoleh sampel dua kelas. Kelas II A sebagai kelas eksperirnen yang diberi model cooperative !earning tipe think pair share sedangkan kelas II D sebagai keias kontrol yang diberi model dire r:t instruction. Analisis data dilakukan dengan analisis varians yang dilanjutkan uji beda rata-rata skor. r{\ensuremath{<}}.eiua analisis ter'-'ebL1t dilakukan setelah dipenuhinya persyaratan analisis, yaitu nonnalitas dn homogenitas varians.} }