@phdthesis{digilib60321, month = {March}, title = {IMPLEMENTASI METODE BERPROGAMA, PENEMUAN DAN CERAMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FISIKA (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS I SMU I TEMON KULON PROGO)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 00460222 Hudan Nashihin}, year = {2005}, note = {Pembimbing: Prof.Drs. Suparwoto, M.Pd}, keywords = {Metode Berprograma, Penemuan, Ceramah, Prestasi Belajar.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60321/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebcrhasilan pelaksanaan metode pembelajaran antara metode berprograma, penemuan dan penemuan pada pokok bahasan Kinematikct Gerak Lurus dan mengetahui metode mana yang memiliki kontribusi besar antara penggunaan metode berprograrna, penemuan dan ceramah terhadap prestasi belajar siswa kelas l semesterl SMU 1 Temon Kulon Progo, Yogyakarta tahun pelajaran 2004/2005. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto yakni pengurnpulan data dilakukan setelah kejadian berlangsung. Penelitian ini akan dicari efek penggunaan metode pembelajaran dengan menggunakan metode berprograma, penemuan dan ceramah terhadap prestasi belajar siswa. Jumlah tiap kelas 36 siswa, kemudian sample yang diambil dalam penelitian setiap kelas 36 siswa. Terdiri dari kelas IA, sebagai kdompok pembelajaran dengan metode berprograma, kelas 1B dengan metode penemuan dan IC dengan metode ceramah. Data peneEtian yang terdiri dari kemampuan awal dan kemarnpuan akhir dari tes prestasi belajar siswa. Te1dmik analisa data yang digunakan Uji F (ANA VA A). Dari hasil ANA VA A rer\&ta skor terti11ggi (22,23) mituk metcde penemt'.an, (20) dengan metode berprograma dan (17,67) dengan metode ceramah, kemudian dari hasil perehitur.gan, kenaikan skor antara rerata tes awal dan rerata tes akhir diketahui skor tertinggi (10, 14) untuk metode penemuan, (7,25) untuk metode berprograma dan (4) untuk metode ceramah, sehingga dapat diartikan bahwa kontribusi terbesar peningkatan prestasi belajar siswa dan metode pembelajaran setelah dibandingkan dengan metode yang lain dilihat dari kenaikan skor tertinggi dicapai oleh metode pembelajaran dengan menggunakan metode penemuan, kemudian metode berprograma dan terendah dicapai oleh metode ceramah, untuk pokok bahasan Kinematika Gerak Lurus kelas 1 semester 1 SMU Teman Kulon Progo Y ogyakarta.} }