relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60352/ title: PENERAPAN TEORI KECERDASAN GANDA DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN FISIKA DI MAN BLORA JAWA TENGAH creator: Naili Nur Rahmawati, NIM.: 00460350 subject: Pendidikan Fisika subject: Metode Pembelajaran description: Tujuan Peneiitian Ill1 untuk mengetahui (1) penerapan teori kecerdasan ganda dalam strategi pembelajaran fisika (2) perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diberi pembelajaran dengan berdasarkan teori kecerdasan ganda dengan siswa yang diberi pembelajaran menggunakan linguistik tradisional pada pokok bahasan suhu dan kalor siswa kelas X MAN Blora tan.pa atau dengan melibatkan variabel sertaan. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Blora, populasi penelitian adalah siswa kelas X sebanyak lima kelas. Sampel yang diambil adalah empat kelas dari lima kelas yang ada. Kelas X2 dan kelas Xi masing-masing terdiri dari 40 siswa sebagai kelas eksperimen. Sedangkan kelas X1 sebanyak 40 siswa dan kelas X3 sebanyak 38 siswa sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan ''pre-test dan post-test kelompok kontrol dan eksperimen tan.pa acak". Pengujian hipotesis dengan menggunakan anava dan anakova untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara siswa pada pembelajaran menggunakan teori kecerdasan ganda dan pada pembelajaran menggunakan linguistik tradisional tan.pa atau dengan menggunakan variabel sertaan kemampuan awal dan kecerdasan ganda. Uji BRS untuk mengetal1ui prestasi belajar man.a yang lebih baik dan analisis regresi untuk mengetahui besar sumbangan variabel sertaan kemampuan awal clan kecerdasan ganda terhadap prestasi belajar. Tes prestasi belajar yeng terdiri dari 30 butir sahih, dengan reliabilitas 0,8 yang berarti sangat tinggi. Berdasarkan hasil uji anava dan anakova dalam penelitian ini diperoleh F hitung (94,922) > F tabel 5% (3,9), hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara siswa pada pembelajaran menggunakan teori kecerdasan ganda dengan siswa pada pembelajaran menggunakan linguistik tradisional tanpa atau dengan melibatkan variabel sertaan kemampuan awal dan kecerdasan ganda. Berdasarkan uji BRS diperoleh D. YA (9,548) > BRS tabel 5% (1,363), hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar menggunakan teori kecerdasan ganda lebih baik dari pembelajaran menggunakan linguistik tradisional. Hasil analisis regresi diperoleh sumbangan efektif variabel sertaan kecerdasan ganda terhadap prestasi belajar sebesar 3,803 % sedangkan kemampuan awal terhadap prestasi belajar sebesar 0,001 %. date: 2005-08-02 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60352/11/00460350_%20BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60352/12/00460350_BAB%20II_BAB%20IV.pdf identifier: Naili Nur Rahmawati, NIM.: 00460350 (2005) PENERAPAN TEORI KECERDASAN GANDA DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN FISIKA DI MAN BLORA JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.