eprintid: 60355 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/03/55 datestamp: 2023-09-18 02:15:23 lastmod: 2023-09-18 02:15:23 status_changed: 2023-09-18 02:15:23 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Nuryati, NIM.: 00460394 title: KONTRIBUSI KEMAMPUAN BERBAHASA, MEMAHAMI KONSERVASI BERAT, DAN TANGGAPAN SISWA TENTANG IKLIM BERIBADAH TERHADAP PENGUASAAN KONSEP USAHA DAN ENERGI ispublished: pub subjects: Pen_fis divisions: pr_pendidikan_fisika_s1 full_text_status: restricted keywords: Kemampuan Berbahasa, Kemampuan Memahami Konservasi Berat, Tanggapan Siswa Tentang Iklim Beribadah, Penguasaan Konsep Usaha Dan Energi. note: Pembimbing: Prof. Ors. H. Suparwoto, M.Pd, abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berbahasa, kemampuan memahami konservasi berat, dan tanggapan siswa tentang iklim beribadah dengan penguasaan konsep usaha dan energi dan sekaligus mengetahui seberapa besar kontribusi variabel bebas tersebut terhadap penguasaan konsep usaha dan energi. Penelitian ini bersifat ex post facto, yakni penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi dan kemudian melihat ke belakang untuk mengetahui factor-faktor yang dapat menimbulkai1 kejadian tersebut. Sedangkan populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I MTs Mabdaul Huda yang berjumlah 120 siswa. Sampling ditetapkan dengan teknik proposional random sampling dengan sampel minimal 93 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dan analisis korelasi ganda dengan tiga variable bebas. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa, (1) ada hubungan antara kemampuan berbahasa, memahami konservasi berat, dan tanggapan siswa tentang iklim beribadah dengan penguasaan konsep usaha dan energi dengan Ry(l,2,3)= 0,643 (FHit=20,907 dan F1,s%=2,710). (2) ada hubungan antara kemampuan berbahasa dengan penguasaan konsep usaha dan energi. (3) ada hubungan antara kemampuan memahami konservasi berat dengan penguasaan konsep usaha dan energi. ( 4) ada hubungan antara tanggapan siswa ten tang iklim beribadah dengan penguasaan konsep usaha dan energi. ( 5) besar sumbangan efektif dari masing-masing variable bebas (X1, X2, X3) terhadap variable terikat Y berturut-turut adalah 13,3%, 9,9%, 18,1% sedangkan sumbangan relatifuya adalah 32,3%, 24, 1 %, 43, 7%. Dan besarnya sumbangan efektif secara bersama-sama adalah 41,3%. date: 2005-08-16 date_type: published pages: 89 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nuryati, NIM.: 00460394 (2005) KONTRIBUSI KEMAMPUAN BERBAHASA, MEMAHAMI KONSERVASI BERAT, DAN TANGGAPAN SISWA TENTANG IKLIM BERIBADAH TERHADAP PENGUASAAN KONSEP USAHA DAN ENERGI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60355/1/00460394_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60355/2/00460394_BAB%20II_BAB%20IV.pdf