TY - THES N1 - Pembimbing: Prof. Drs. Suparwoto, M.Pd ID - digilib60357 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60357/ A1 - An'amul Mubarokah, NIM.: 00460499 Y1 - 2005/08/08/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi pembelajaran fisika siswa antara penerapan strategi pembelajaran POP dan konvensional dengan melibatkan pernaharnan konsep proporsi. Kedua untuk mengetahui sumbangan pemahaman konsep proporsi baik pemahaman konsep proporsi verbal maupun pemahaman konsep proporsi geometri terhadap peningkatan prestasi belajar fisika. Penelitian ini dilakukan di SMAN I Kemangkon Tahun Ajaran 2004/2005 pada bulan April sampai dengan Mei. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 78 siswa yang terbagi dalam dua kelas. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan cara diundi. Setelah dilakukan pengundian ditentukan kelas X B sebagai kelas kontrol, sedangkan kelas X c sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi pembelajaran fisika antara kelas kontrol dengan penerapan strategi konvensional dan kelas eksperimen dengan penerapan strategi POP dengan maupun tanpa melibatkan pemahaman konsep proporsi. Dengan uji ANA VA diperoleh F =117,501 > F ,.s> F ,.s. =3,98, dan uji ANAKOVA diperoleh F hit =106,360 >F ,,s% =3,98. Dari analisis regresi diperoleh sumbangan efektif pemahaman konsep proporsi baik proporsi verbal maupun proporsi geometri secara berurutan adalah 11,718 % dan 3,914 %,sedangkan sumbangan relatif pemahaman konsep proporsi baik proporsi verbal maupun proporsi geometri secara berurutan adalah 74,963 % dan 25,037. Dengan uji beda rata-rata skor diperoleh harga Ay > BRS 1,5% ? Ini berarti bahwa prestasi belajar fisika siswa yang mendapat pembelajaran dengan strategi POP Iebih tinggi bila dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran fisika dengan strategi konvensional. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Perbedaan Prestasi KW - Strategi Pendidikan KW - Pemahaman Konsep Proporsi M1 - skripsi TI - PERBEDAAN PRESTASI PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI I KEMANGKON ANTARA PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POP DAN KONVENSIONAL DENGAN MELIBATKAN PEMAHAMAN KONSEP PROPORSI PADA MATERI GEJALA PEMANTULAN DAN PEMBIASAN AV - restricted EP - 193 ER -