%0 Thesis %9 Skripsi %A Riza Arsaningsih, NIM.02471097 %B Fakultas Tarbiyah dan Keguruan %D 2007 %F digilib:60359 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kecerdasan emosi, kecerdansan spiritual, pendidikan Islam %P 135 %T KECERDASAN EMOSI DAN KECERDASAN SPIRITUAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Atas Pemikiran Murtadha ,Muthahhari ) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60359/ %X Pemikiran Murtadha Muthahhari tentang kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual (ESQ) dalam pendidikan Islam, a11tara lain yaitu dengan adanya inisiatif sendiri dari peserta didik untuk belajar dan melakukan suatu perubahan dalam dirinya, sehingga akan siap dan mampu menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat. Selain itu kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual (ESQ) juga memberikan kontribusi dalam pencapaian tujuan pendidikan Islam, salah satunya yaitu mettjadikan siswa-siswinya beriman, bertaqwa serta berjiwa tauhid, sehingga akan terlahirlah sebuah generasi penerus yang insan kamil. Relevansi kecerdasan emosi dan kecerdasan spfritual (ESQ) dalam pandangan Murtadha Muthahhari dengan pendidikan Islam, yaitu membentuk pedlaku yang baik (berakhlakul karinwh) bagi peserta didik, seperti sikap konsistensi (istiqomah), tawakkal atau berserah diri dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT, berusaha dengan sungguh-sungguh (berikhtiar), tawadhu'dan tawazzun, sehingga terbentuklah seorang peserta didik yang ihsan dan berakhlakul karimah. %Z Pembimbing : Dra. Nurrohmah,