@phdthesis{digilib60360, month = {December}, title = {PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI SMK MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 00470010 Taufik}, year = {2004}, note = {Pembimbing: Dra. Nurrahmah}, keywords = {Pengelolaan Pembeiajaran, Sumber Belajar, Evaluasi Pembelajaran, Strategi Pembelajaran}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60360/}, abstract = {Sistem pendidikan nasional yang telah dibangun selama ini, temyata belum mampu sepenuhnya menjawab kebutuhan dan tantangan nasional serta global dewasa ini. Upaya pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan yang selama ini merupakan fokus pembinaan masih menjadi masalah yang paling menonjol dalam dunia pendidikan saat ini. Berbagai hal diyakini menjadi faktor gagalnya pendidikan dalam mencetak out put yang berkualitas, antara Iain kurikulum, kualitas guru, metode pengajaran bahkan sampai kepada masalah pengelolaan (manajemen) sekolah. Menurut jenisnya penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Yaitu suatu penelitian yang bertujuan melakukan studi yang mendalam mengenai suatu unit sosial sedemikian rupa, sehingga menghasilkan gambaran yang terorganisir dengan baik dan lengkap mengenai unit sosial tersebut. erdasarkan hasil penelitian penulis tentang profesionalisrne guru pendidikan agarna Islam dalarn irnplernentasi kurikulurn berbasis kornpetensi di SMK Muharnrnadiyah 2 Y ogyakarta, rnaka penulis dapat menyajikan kesimpulan sebagai hasil akhir dalam penelitian. Adapun kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Melalui data-data yang diperoleh dari hasil penelitian di lapangan, maka pat disimpulkan bahwa guru PAI kelas I di SMK Muhamrnadiyah 2 Y ogyakarta sudah cukup profesional dalam mengimplementasikan kurikulum berbasis kornpetensi. Meskipun masih banyak hal yang masih harus dibenahi dan ditingkatkan, seperti dalam pengelolaan pembelajaran (penyusunan silabus, persiapan mengajar dsb.), penggunaan metode /strategi pembelajaran (mengurangi metode ceramah dan 1?enggunakan metode yang lebih beragam dan kreatif), dan dalarn evaluasi pernbelajaran ( evaluasi dengan portofolio, proyek, dsb.) namun hal tersebut dapat dimaklumi sebab penerapan kurikulum 2004 baru memasuki tahun pertama, dan ini rnerupakan hal yang baru bagi sekolah, guru dan siswa. Adapun usaha-usaha yang telah dilakukan sekolah untuk meningkatkan profesionalisme guru, khususnya guru PAI di SMK Muharnmadiyah 2 Yogyakarta, antara lain : a) Mengikutsertakan guru dalam workshop dan sosialisasi penerapan kurikulum 2004 (KBK). b) Pelatihan tentang implementasi KBK. c) Mengikuti musyawarah guru mata pelajaran (MGMP). 4) Evaluasi pelaksanaan oleh Kepala Sekolah guna mengetahui sejauhmana pemahaman serta kemampuan guru dalam menerapkan KBK.} }