%0 Thesis %9 Skripsi %A Edi Kiswanto, NIM.: 00470032 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2005 %F digilib:60363 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pendidikan Akhlak, Perilaku Disiplin, Siswa %P 132 %T PENGARUH PENDIDIKAN AKHLAK TERHADAP PERILAKU DISIPLIN SISWA DI MAN LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60363/ %X Seiring dengan implikasi dari pergaulan global sangat kita rasakan dan hampir dialami oleh seluruh manusia. Munculnya tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan norma-norma di masyarakat, tingginya sikap-sikap yang mengarah kepada budaya individualistik dan sebagainya merupakan bagian dampak dari arus tersebut. Hal ini kemudian berimbas pada semua aspek kehidupan manusia, termasuk aspek pendidikan. Pada aspek pendidikan imbas tersebut banyak dirasakan dan terjadi dikalangan pelajar atau peserta didik (siswa). Kejadian-kejadian yang sebenamya tidak di inginkan oleh lembaga pendidikan tersebut menjadikan sebuah lembaga mempunyai garapan yang serius dalam meminimalisir terhadap kcadaan di sckolahnya yang di rasa melcbihi batas kcwajaran. Banyaknya pengetahuan yang diperoleh siswa atau peserta didik dalam lembaga pendidikan, bukannya dapat lebih menghasilkan pribadi yang punya akhlak mulia, tetapi malah sebaliknya. Maka tidak salah, seringkali kita menyaksikan banyak siswa yang berperilaku menyimpang, tidak sesuai dengan nilai-nilai keagamaan dan sosial. Dari pembahasan tersebut di atas dapat penulis ambil kesimpulan dalam skripsi ini bahwa: 1. Pelaksanaan pcndidikan akhlak di MAN Laboratorium rakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakai1a, secara keseluruhan berjalan cukup baik. Dalam pelaksanaan tersebut guru materi akhlak merumuskan tujuan, strategi belajar mengajar %Z Pembimbing: Dra. Wiji Hidayati, M. Ag