%0 Thesis %9 Skripsi %A Hasna Nasyithah, NIM.: 00470106 %B FAKULTAS TARBIYAH %D 2004 %F digilib:60367 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Problernatika Kurikulum, roses Belajar Mengajar, Kurikulum %P 121 %T IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60367/ %X Pendidikan adalah suatu proses yang sangat kompleks dan berjangka panjang, di mana berbagai aspek yang tercakup dalam proses yang saling berkaitan erat satu sama lain dan bermuara pada terwujudnya manusia yang memiliki nilai hidup. Berbagai aspek yang terkait dengan proses pendidikan antara lain ; guru, bahan ajar, fasilitas, kondisi siswa, kondisi lingkungan, metode belajar yang digunakan. Jenis penelitian yang dipergunakan peneliti adalah adalah penelitian kualitatif. Menurut Bogdan dan Taylor metodologi kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang menghasilkan kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku ayang diamati. Sedangkan menurut Kirk dan Miller, pendekatan kualitatif adalah tradisi tertentu dalam ilmu pengetahuan bergantung pada pengamatan terhadap manusia dalam kawasannya sendiri dan berhubungan dengan orang-orang tersebut dalam bahasa dan peristilahannya etelah penulis mengemukak:an tentang problematika sekolah dalam implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi di SMK Muhammadiyah Prambanan Y ogyakarta ,mak:a penulis dapat menyimpulkan beberapa hal sebagai berikut: mplementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi di SMK Muhamrnadiyah Prambanan Y ogyakarta, tidak terlepas dari berbagai problem yang menghambat implementasi kurikulurn tersebut secara mak:simal. Berbagai problem tersebut antara lain : problem kurikulum, problem dalam proses belajar mengajar, problem dalam penilaian, dan problem saranan dana, serta administrasi. 2. Problematika kurikulurn meliputi problem dalarn pengembangan silabus dan penyustman persiapan mengajar. Problematika dalam proses belajar mengajar meliputi problem yang dihadapi oleh guru dan peserta didik. Problematika dalam penilaian adalah belum maksimalnya pelaksanaan penilaian berbasis kelas (PBK). Dan dalarn bidang sarana, dana dan administrasi problematika yang muncul adalah minimnya fasilitas belajar, terbatsnya dana, dan terbatasnya tenaga administrasi. 3. Langkah-langkah yang diambil untuk mengatasi problematika kurikulum antara lain dengan mengadakan sosialisasi KBK, dalam hal proses belajar mengajar di laksanakan antara lain dengan men.gusahakan para guru untuk mengurangi metode ceramah. Untuk mengatasi problematika bidang penilaian, gu..ru berusaha Ui'ltuk lebih memahami konsep PBK. Dalam bidang sarana, dana, dan administrasi usaha yang dilakukan antara lain yaitu membuat media pengajaran sendiri, mengupayakan penghematan dana di segala bidang dan menambah tenaga adminsitrasi. %Z Pembimbing: Drs. M. Jamroh Latie[ M. Si