%0 Thesis %9 Skripsi %A Nurjayanti DS, NIM. 02471115 %B Fakultas Tarbiyah dan Keguruan %D 2007 %F digilib:60372 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Tingkat keagamaan, kedisiplinan %T KORELASI ANTARA TINGKAT KEAGAMAAN TERHADAP TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60372/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubumgan antara tingkat keagamaan siswa tingkat kedisiplinan siswa kelas di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel tersebut atau tidak. Dan apakah hubungannya termasuk pada kategori tinggi, sedang atau lemah. Alat ukur dari variabel tingkat keagamaan menggunakan pendapat dimensi ritual, dimensi ideologis, dimensi intelektual, dimensi pengalaman, dan dimensi konsekuensi. Sedangkan dari variabel tingkat kedisiplinan yang di ukur adalah berkaitan dengan ketaatan terhadap waktu, ketaatan terhadap tata tertib, dan ketaatan terhadap tugas-tugas sebagai seorang siswa. ini merupakan penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku tingkat keagamaan siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang diperoleh termasuk dalam kategori sedang yaitu 44 siswa atau 67,39 % responden. Perilaku keagamaan siswa belum bisa mencapai kategori tinggi, disebabkan latar belakang pendidikan, sosial siswa yang berbeda beda dan faktor dari diri siswa sendiri. %Z Drs. H. Hamruni, M.Si.