eprintid: 60376 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/06/03/76 datestamp: 2023-09-18 01:32:49 lastmod: 2023-09-29 01:47:51 status_changed: 2023-09-18 01:32:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ainul Fida, NIM. 0247 1308 title: MANAJEMEN PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU MA PONDOK PESANTREN TAP AK SUNAN JAKARTA ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Manajemen kependidikan, kinerja guru, Tapak Sunan Jakarta note: Pembimbing : Drs. Ulmisbah Munir, M.Si abstract: Dilihat dari kondisi obyektif guru Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Tapak Sunan secara keseluruhan sebagian besar sudah cukup mcmenuhi syarat sebagai guru yang kompeten, sehingga guru sebagai manajer dapat melaksanakan tugasnya dengan bailc Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan pelaksanaan fungsi manajemennya dari tahun ke tahun. 2.Peran manajemen pendidikan di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Tapak Sunan sangat penting dalam pengelolaan proses pendidikan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam hubungannya dcngan manajemen pendidikan tugas guru tidak hanya mendidik, tapi juga sebagai manajer kelas .Peran manajemcn penclidikan di Madrasah Aliyah Tapak Sunan yang dilihat dari fungsi manajemennya terdiri dari a.Perencanaan, yaitu membuat program pengajaran yang mencakup Analisis Materi Pelajaran, Program Tahunan dan Semester, Program Satuan Pelajaran, Program Rencana Pembelajaran dan Lembar Kerja siswa b.Pengorganisasian yaitu mengatur dan menghubungkan sumber belajar agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar c. Pelaksanaan yaitu melaksanakan kegiatan belajar mengajar, melaksanakan penilaian belajar ulangan harian atau semester, rnelaksanakan analisis hasil ulangan harian, mengisi daftar nilai siswa dan rnengadakan pengernbangan bidang pengajaran yang rnenjadi tanggung jawabnya. d. Pengawasan yaitu rneneliti daftar hadir siswa dan rnengatur ruang kelas. Untuk mencapai kinerja guru yang baik, maka ada beberapa upaya yang dilakukan madrasah yaitu: mengadakan latihan dan penataran, rnelakukan supervisi, rnengupayakan agar guru benar-benar berfungsi, rnemberikan penghargaan kepada guru berprestasi, mengadakan rapat guru, dan rneningkatkan kesejahteraan guru-guru. date: 2007 date_type: published pages: 111 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ainul Fida, NIM. 0247 1308 (2007) MANAJEMEN PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU MA PONDOK PESANTREN TAP AK SUNAN JAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60376/1/02471308_BAB%20I_BAB%20IV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60376/2/02471308_BAB%20II_BAB%20III.pdf