@phdthesis{digilib60379, month = {January}, title = {PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FIQH (STUDI DI MAK PONDOK PESANTREN RAUDHATUL ULUM SAKATIGA SUMATERA SELATAN)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 00470194 Widya Sari}, year = {2005}, note = {Pembimbing: Dra. Wiji Hidayati, M.Ag}, keywords = {Proses Pembelajaran, Penerapan KBK, Kualitas Pembelajaran}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60379/}, abstract = {Pendidikan merupakan kunci yang sangat penting dalam proses pembangunan. Pendidikan juga merupakan kunci terbentuknya sumber daya manusia (SDM) yang handal, berkualitas, kreatif, mandiri dan profesiona untuk menciptakan SDM seperti itu, maka haruslah diciptakan pendidikan yang memenuhi kriteria-kriteria tersebut, salah satu kriteria yang mendukung keberhasilan suatu pendidikan adalah kurikulum, karena kurikulum berpengaruh sekali pada maju dan mundurnya pendidikan. Seperti disebutkan dalam buku I/mu pendidikan Islam karya M. Arifin bahwa " kurikulum itu tidak statis tetapi dinamis dan senantiasa dipengaruhi oleh perubahan? perubahan dalam faktor-faktor yang mendasarinya. Menurut jenisnya penelitian ini adalah penelitian lapangan. Yakni suatu penelitian yang bertujuan melakukan study yang mendalam mengenai suatu unit sosial sedemikian rupa sehingga menghasilkan gambaran yang terorganisasi dengan baik dan lengkap mengenai unit sosial. Dalam hal ini peneliti membedakan subyek (infonnan) penelitian menjadi 2 yaitu : informan kunci dan informan pendukung. Metode pengumpulan data Observasi, Observasi Intervierw dan Dokumnetasi. Hasil penelitian Sesungguhnya dalam penerapan KBK tidak terlepas dari peranan seorang guru di dalam proses pembelajarannya di dalam kelas. Hal itu dapat dilihat dari empat kegiatan pokok dalam mengimplementasikan KBK.} }