%0 Thesis %9 Skripsi %A Nuril Hafida, NIM.: 00410519 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2005 %F digilib:60383 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K pembelajaran TKIP; metode pengajaran; kelas %T STUDI PERBANDINGAN PELAKSANAAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA TAMAN KANAK-KANAK ISLAM BHAKTI I NGEMPLAK BOYOLALI DENGAN TKIP AL-MADINAH MAKAM HAJI KARTASURA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60383/ %X Pendidikan sejak dini penting untuk dilaksanakan, karena masa dini seusia anak TK) mempakan usia yang paling menentukan dalam erkembangan manusia, sehingga sering disebut dengan the golden age, usia emas, usia yang paling berharga dibanding usia-usia selanjutnya. Pada periode tersebut dibangun stuktur keperibadian yang akan dikembangkan sepanjang hidupnya. Dikatakan juga bahwa usia dini mempakan tahapan penting perkembangan otak manusia karena pada usia ini perkembangan otak meilcapai 80% dari perkembangan otak manusia. Karena itu, Taman kanak-kanak (TK) yang dengan fungsi first step pendidikan formal awal sebenamya memiliki tanggung jawab yang besar di dalam membantu pengembangan kemampuan anak. Kurikulum sebagai sebuah perangkat untuk mewujudkan program pendidikan hams benar-benar memperhatikan anak, kebutuhan dan perkembangan pendidikan. Terlebih kurikulum yang dikembangkan di TK harus menyesuaikan pada karakteristik anak. Kurikulum dibuat berdasarkan pada lingkungan hidup anak sehari-hari. Persoalan kutikulum inilah yang akan dijadikan bahan penelitian, berkaitan dengan menjamumya sekarang ini jenis lembaga sekolah full day dalam hal ini TK terpadu atau plus, yang menawarkan service lebih dibanding TK biasa. Penelitian ini berusaha Untuk membandingkan kudkulum kedua jenis TK tersebut, dilihat dad bentuk pelaksanaan kurikulum berkaitan dengan pendidikan agama Islam dan keutamaan dari kedua bentuk kurikulum yang dilaksanakan. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yang bersumber utama pada kata-kata dan tindakan, serta dibantu sumbe:r yang lain yakni sumber tertulis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan dalam penelitian ini menghasilkan suatu mmusan bahwa bentuk kurikulum menentukan hasil pembelajaran, dalam hal ini service yang ditawarkan TK terpadu memang memiliki keU11ggulan dibanding dengan TK biasa. Hal ini dapat dilihat dad tujuan pengembangan program pendidikan TK terpadu, yang dikembangkan dengan mengarah pada tiga pengembangan kemampuan, yakni pengembangan kemampuan dasar, pengembangan pe1ilaku dan pengembangan keilmuan. Materi atau tema kediniyahan lebih banyak dan diajarkan secara terpadu kepada anak didik. Strategi pembelajaran terlaksana dengan baik, didukung sarana dan prasarana yang memadai dan skill para guru yang profesional. %Z Pembimbing: Sukiman, S.Ag., M.Pd