%0 Thesis %9 Skripsi %A Ecba Sriyanti, NIM. 03440391 %B Fakultas Tarbiah dam Keguruan %D 2007 %F digilib:60385 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K mendengarkan, mencatat, efektif, prestasi, belajar. %P 147 %T PENGARUH MENDENGARKAN DAN MENCATAT MATERI SECARA EFEKTIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER 2 MAN MAGUWOHARJO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60385/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan bermakna antara kemampuan mendengarkan materi secara efektif dalam proses pembelajaran kimia terhadap prestasi belajar kimia siswa bila kemampuan mencatat materi kimia dikendalikan secara statistik, ada tidaknya hubungan yang positif dan bermakna antara kemampuan mencatat materi secara efektif dalam proses pembelajaran kimia terhadap prestasi belajar kimia siswa bila kemampuan mendengarkan materi kimia dikendalikan secara statistik, serta ada tidaknya hubungan yang positif dan bermakna antara kemampuan mendengarkan dan mencatat materi secara efektif dalam proses pembelajaran kimia terhadap prestasi belajar kimia siswa. Penelitian didesain sebagai penelitian satu sampel tiga variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester 2 MAN Maguwoharjo Y ogyakarta tahun ajaran 2006/2007 sebanyak 3 kelas berjumlah 96 siswa. Sampel diambil secara cluster random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas XB dan XC berjumlah 64 siswa. Sebagai variabel bebas adalah mendengarkan dan mencatat materi kimia secara efektif dan variabel terikat adalah prestasi belajar kimia siswa. Penelitian ini menggunakan tiga instrumen, yaitu angket kemampuan mendengarkan, lembar penilaian buku catatan siswa, dan soal prestasi belajar kimia. Angket kemampuan mendengarkan dan soal prestasi belajar kimia dibuat oleh peneliti, sehingga perlu divalidasi, sedangkan lembar penilaian buku catatan siswa hanya divalidasi konstruk. Berdasarkan hasil analisis regresi ganda diperoleh harga Ry(l-2) sebesar 0,546, (ry1•2) dan kedua (ry2.1) sebesar 0,393 dan 0,369. Uji signifikansi diperoleh harga Fhitung sebesar 12,933, sedangkan harga Ftabet pada taraf signifikansi 5% sebesar 3, 148 dengan df = 2 lawan 61. Hasil analisis tersebut menunjukkan adanya hubungan yang positif dan bermakna antara kemampuan mendengarkan dan mencatat materi secara efektif, baik secara terpisah maupun secara bersama­sama terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas X semester 2 MAN Maguwoharjo Y ogyakarta tahun ajaran 2006/2007. Besamya sumbangan relatif dan sumbangan efektif kemampuan mendengarkan dan mencatat materi secara efektif terhadap prestasi belajar kimia berturut-turut sebesar 53,05% dan 15,80% 46,95%, dan 13,98%. %Z Pembimbing : Dra. Das Salirawati, M.Si