%A NIM.: 00470306 Anhari %O Pembimbing: Dra. Asnafiyah M.Pd %T PENILAIAN BERBASIS KELAS DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP EVALUASI QUR' AN HADIST DAN TARIKH DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK YOGYAKARTA %X Penyempurnaan kurikulum merupakan upaya peningkatan mutu pendidikan. Indikator keberhasilan pembaharuan kurikulum ditunjukan dengan adanya perubahan pada pola kegiatan belajar-mengajar, memilih media pendidikan, dan menentukan pola penilaian yang rnenentukan hasil pendidikan. Pembahaman kuriku1um akan 1ebih berrnakna bila diikuti oieh perubahan praktik-praktik pembelajaran di kelas (KBM), yang dengan sendirinya akan rnengubah praktik-praktik penilaian. Selama ini praktik penilaian di kelas kurang menggunakan cam dan alat yang lebih bervariasi, penilaian lebih diarahkan pada penguasaan bahan yang diujikan dalarn bentuk tes obyektif. 8 Padahal kalau kita cerrnati peni1aian merupakan salah satu kornponen dalam proses pembelajaran, dan dengan penilaian tersebut kita akan mengetahui apakah proses pembelajaran sudah berjalan dengan baik ataukah belum. Untuk menghimpun keseluruhan data yang diperlukan, peneliti mempergunakan empat macam alat atau metode pengumpul data, yaitu: dokumentasi, observasi, wawancara/interview dan angket. Hasil penelitian enilaia.11 Berbasis Kelas (PBK) merupakan salah satu komponen dalam Kurikuh:im Berbasis Kompetensi (KBK). Peni!aian berbasis ke1as sendfri terdiri dari beberapa bentuk: dan alat peniJaian, antara lain a. Bemuk-bentuk peniiaia.n dalam Penilaian Beibasis Kelas (PBK) 1) Kuis 2) Pertanyaan lisan di keias 3) Ulangan harian 4) Tugas individu 5) Tugas kelompok 6) Ulangan semester 7) Ulangan kenaikan 8) Laporan Kerja 9) Ujian Praktik %K Penilaian Berbasis Kelas, Kompetensi, Kurikulum %D 2005 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib60386