eprintid: 60390 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/03/90 datestamp: 2023-09-25 00:58:55 lastmod: 2023-09-25 00:58:55 status_changed: 2023-09-25 00:58:55 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Caswita, NIM.: 00470401 title: PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM K.H. ABDUL HALIM (SINTESIS FUNGSI TEOLOGIS DAN SOSIOLOGIS PENDIDIKAN ISLAM) ispublished: pub subjects: isl_pemik subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Pemikiran KH Abdul Halim, Pendidikan Islam, Konsep Self Help note: Pembimbing: Drs. Muhammad Anis, MA abstract: Pendidikan Islam, juga harus bisa menghasilkan terbentuknya kepribadian mnat berdasarkan nilai-nilai dan ukuran Islam, tetapi pendidikan Islam tidak terlepas dari tujuan-tujuan yang bersifat operasional, sehingga dapat dirumuskan tahap-tal1ap proses pendidikan Islam mencapai tltjuanĀ­tujuan lebih jauh. Di Indonesia pemikiran pendidikan Islam telah ada sejak zaman sebelum merdeka hingga sekarang. Hal ini dapat dilihat dari fenomena tumbuh kembangnya prograni dan praktek pendidikan Islam yang dilaksanakan di nusantara, baik yang bempa pondok pesantren, madrasal1, sekolah, tempat-tempat ibadah dan lain sebagainya. Hal tersebut menunjukan adanya pemikiran tentang pengembangan pendidikan Islam. 19 Berangkat dari semua itu para pemikir dari tokoh pendidikan Islam telah bemsaha memikirkan berbagai persoalan pendidikan Islam agar tujuan pendidikan Islam dapat dicapai secara utuh. Diantara tokoh pendidikan Islam Indonesia yang juga seorang ulama yang telah berusaha memikirkan pendidikan Islam dan menerapkannya, adalah K.H. Abdul Halim. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Dalam penelitian pustaka dilakukan dengan cara menuliskan, mengklarifiksi,rnereduksi dan rnenyajikan data yang diperoleh dari berbagai sumber tertulis. Berdasarkan seluruh ura1an, atas penelitian terhadap pemikiran pendidikan Islam K.H Abdul Halim, dapat diambil beberapa kesimpulan diantaranya: Pendidikan Islam saat sekarang masih berorientasi hanya pada aspek eologis yaitu menjadikan manusia yang beriman dan bertakwa serta ta'at menjalankan ajaran Islam. Terlihat dari tujuan pendidikan Islam secara umum yaitu menjadikan manusia yang beriman dan bertakwa kepda Allah, berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, masyarakat dan negara. Sementara itu aspek Iairmya yang tidak kalah penting yaitu aspek sosiologis belum dapat dicapai oleh pendidikan Islam. Aspek ini berkaitan dengan bagaimana lulusan pendidikan Islam dapat menghadapi perkembangan zaman dan dapat berperan didalamnya. Lulusan pendidikan Islam hams dapat bersaing dengan yang lainnya dalam bidang pekerjaan tertentu dan hams bisa memasuki bidang pekerjaan tersebut. Semua itu merupakan suatu keharusan agar pendidikan Islam dapat terns eksis ditengah perubahan dan perkembangan zaman. date: 2004-10-30 date_type: published pages: 97 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Caswita, NIM.: 00470401 (2004) PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM K.H. ABDUL HALIM (SINTESIS FUNGSI TEOLOGIS DAN SOSIOLOGIS PENDIDIKAN ISLAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60390/1/00470401_BAB%20I_BAB%20IV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60390/2/00470401_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf