TY - THES N1 - Pembimbing : Prof. Drs. HMS. Prodjodikoro ID - digilib60398 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60398/ A1 - Khabib Burrohman, NIM. 03410079 Y1 - 2008/// N2 - Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar penelitian di MTs WI Karangduwur. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi parsitipatoris, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode induktif, yaitu data-data yang diperoleh di analisis dan kemudian diambil suatu kesimpulan yang bersifat umum. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi dengan metode ganda dan sumber ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Upaya pembinaan akhlak siswa di MTsWI Karangduwur dilakukan dengan dua cara, yaitu secara kurikuler dan ekstrakulikuler. Pembinaan akhlak secara kurikuler dilakukan dengan cara menanarnkan nilai-nilai Islam ke dalam diri siswa melalui bcrbagai mata pelajaran agama. Proses yang bcrlangsuung yaitu guru menyampaikan materi, menjelaskan, serta memberikan contoh, sedangkan siswa mencerna apa yang disampaikan oleh guru. Sedangkan cara ekstrakulikuler yaitu melalui berbagai kegiatan lain yang mempunyai orientasi sama. Proses pembinaan akhlak secara ekstrakurikuler yaitu pemberian nasihat-nasihat untuk memperkuat keimanan, ketakwaan, dan perbaikan pada suatu perilaku tertentu agar scsuai dengan norma yang bcrlaku. 2. Faktor-faktor yang menjadi pendukung upaya pembinaan akhlak siswa di MTsWI Karangduwur Petanahan Kebumen yaitu adanya keinginan atau tekad kuat yang dimiliki oleh tiap-tiap elcmcn madrasah untuk mcncgakkan scndi-scndi akhlak islam. Adapun faktor yang menjadi penghambatnya sebagian besar adalah faktor internal pihak madrasah itu sendiri, sedangkan faktor dari luar tidak begitu tampak. Faktor internal madrasah yang dimaksud adalah menejernen madrasah dalam rnembina akhlak siswa. 3. Hasil yang dicapai dalam upaya pembinaan akhlak siswa di MTs WI Karangduwur Pctanahan Kebumen menunjukkan cukup tingginya kesadaran siswa terhadap sendi-sendi akhlak, akan tetapi kesadaran ini kurang diwujudkan dalam tindakan nyata. Penyebabnya adalah pelaksanaan pembinaan akhlak siswa masih sebatas pcmberian pengctahuan dan kesadaran pada siswa tentang nilai­nilai Islam yang rnulia. Sehingga akibatnya proses yang terjadi lebih terfokus pada aspek kognitif dan afektif atau baru sekedar pembentukan pengertian dan kerohaniaan, sedangkan aspek psikomotor melalui pembiasaan kurang tersentuh. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pembinaan akhlak siswa KW - MTsWI Kebumen M1 - skripsi TI - UPAYA PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI MADRASAH TSAN A WIYAH WATHONIYAH ISLAMIY AH (MTsWI) KARANGDUWUR PETANAHAN KEBUMEN AV - restricted EP - 141 ER -